Studi Komparasi Model Pembelajaran Problem Solving Hierarki dan Heuristik terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA N 4 Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kemendikbud.
Kemendikbud.(2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Joglo Semar. (2013). SMA N 4 Solo Tolak Ratusan Pendaftar. Diperoleh pada 24 Januari 2017, dari https://joglosemar.com/2013/06/Sman-4-SoloTolakRatusanPendaftar.html.
Radar Kampus. (2016). Inilah peringkat terbaik hasil UN di JATENG. Diperoleh pada 24 Januari 2017, dari http://www.radarkampus.com/2016/05/nilah-peringkatterbaik-hasil-un-di-JATENG.html.
Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
Johnstone. (1991). Journal of Computer Assisted Learning, 7, 75-83.
Middlecamp, C dan Kean, E. (1985). Panduan Belajar Kimia Dasar. Terj. A.H Pudjaatmaka. Jakarta : PT Gramedia.
Yamco, P. E. (2011). Identifikasi Jenis Kesulitan Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Malang dalam Memahami Pokok Bahasan Stoikiometri. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Malang, Malang.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik : Bagi Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.
Ernawati, D., Ashadi, & Utami, B. (2015). JPK, 4 (4) : 17-26
Adesoji, F.A. (2008). Journal Antropologist, 10 (1) : 21-24.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Novak & Gowin. (1984). Learning How to Learn. London : Cambrige University Press.
Poerwati, L.E., & Amri, S. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Sebuah Inovasi Kurikulum Penunjang Pendidikan Masa Depan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Lidinillah.(2007). Perkembangan Metakognitif dan Pengaruhnya pada Kemampuan Belajar Anak.Skripsi Tidak Dipublikasikan. UPI : Bandung.
Schoenfeld, D. (1980). Heuristik in the Classroom. Reston : NCTM.
Brown, A.L.,& Baker, L. (1984). Metacognitive Skill and Reading. New York : Longman.
Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta : Gaung Persada Press.
Cooper, M.M., dan Urena, S.S. (2009). Journal of Chemical Education,86(2), 240-244.
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for Learning. Teaching, and Assesing; A revisieon of Blomm’s Taxonomy of EducationObjectives. New York : Addison WesleyLonman Inc.
Djamarah. S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Rybsczynski, SH., &Schussler,E. (2013). International Journal for the Scholarship Teaching and Learning. 7 (2): 1-21.
Yanti, D. F. (2013). Identifikasi Pemahaman Materi Perhitungan Kimia (Stoikiometri) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Diperoleh pada 27 Januari 2018, dari jurnal-online.um.ac.id.
Mcllrath, D., & Huitt, W. (1995). Educational Psycology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University. Retrived, from http://www.adpsycinteractive.org/papers/modeltch.html.
Efendi, N. (2013). Jurnal Santiaji, 3 (2): 85-109.
Setiani, R. (2012). Ketrampilan Mengatasi Masalah dan Keterampilan-Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Diperoleh 4 Februari 2018 dari http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/jurnal/
Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Schunk, D.H. (2012). Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan.Terj.Eva H & Rahmat F. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Robert, J.S., Laughlin, J.E, & Wedell, D. H. (1997). In The American Researcd Association,(pp. 2-25).
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Mariati, P.s. (2012). Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8 (12): 152-160.
Refbacks
- There are currently no refbacks.