KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Dewi Prayekti, H Maryadi, suyitno suyitno

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat dalam  pembelajaran dan rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Terbukti dari hasil ulangan harian siswa dari 21 siswa hanya 14 siswa yang memenuhi KKM 63, dengan rata- rata nilai 61. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Game Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalitengah Kabupaten Rembang.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Experimental Design dengan rancangan One group pretest posttest design. Simpulan dari penelitian ini adalah, berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test maka Model pembelajaran Teams Game Tournament efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci : Hasil Belajar,  Teams Game Tourname

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.