METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak:Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui keefektifan metode ekperimen terhadap hasil belajar dan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV di SDN 1 Kedungtuban Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 1 Kedungtuban Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, angket dan dokumentasi. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,154 dan tes akhir posttest dengan nilai rata-rata sebesar 70,154. Berdasarkan hasil yang diperoleh uji normalitas data Lodari nilai pretest sebesar 0,146 dan taraf signifikan α = 5% diperoleh L = 0,234 karena L > Lo nilai n=13 diperoleh Lo = 0,141 dan taraf signifikan α = 5% diperoleh L = 0,234. Jadi L > Lo maka hipotesis nol diterima.Pada jiwa kewirausahaan dinilai berdasarkan angket. Sehingga didapat hasil yang mendapatkan kategori nilai baik ada 3 anak, yang mendapatkan kategori cukup baik ada 7 anak, dan yang mendapatkan kategori nilai kurang baik ada 3 anak. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 1 Kedungtuban mempunyai jiwa kewirausahaan karena dari persentase yang didapat 77% dari 13 siswa mempunyai jiwa kewirausahaan. Artinya metode eksperimen efektif terhadap hasil belajar dan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV SDN 1 Kedungtuban
Kata kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajra, Jiwa Kewirausahaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.