Analysis of The Independent Learning Program In The Independent Campus to Competency of Tadulako University Geography Education Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Kusuma Among Praja, A., Pambudi, A., & Nurhasanah, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Universitas Esa Unggul Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Forum Ilmiah, 18(4), 465–473.
Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 62. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1025
Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Christanti Mawardi, V. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 174–181.
Arsyad, A. T., & Widuhung, S. D. (2022). Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 88. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1027
Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 483–490.
Firmansyah, A., & Rizal, R. (2019). Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3323
Helmi, M., Gaol, L., Siahaan, M. M., Aryini, Y., & Hutasoit, R. (2022). Peran Mahasiswa dalam Penguatan Literasi Membaca di SD Negeri 173320 Siborutorop melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Pendahuluan Kampus mengajar adalah salah satu program merdeka belajar yang dicetuskan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan RI. 5636(3), 270–274.
Kurniasih, D., Karniawati, N., Adibowo, R., Sukaesih, P., & Fidowaty, T. (2022). Survey Dampak Pelaksanaan MBKM di Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Unikom Tahun 2021. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(2), 171–184. https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i2.1548
Purnama, M., Boru, J., & Hariyana, N. (2022). Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan komptensi sdn sepatan III kabupaten tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS PATIKALA, 1(4), 316–324.
Putra, E. (2022). Efektifitas Metode Outdoor Study Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spasial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(September), 165–177.
Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Sari, S. P., Witono, B., & Nugroha, H. (2021). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat ( MSIB ) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi ( Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.). Seminar Nasional Dampak Implementasi MBKM, 1–20.
Umboh, S. F. I., Manginsela, E. P., & Moniaga, V. R. B. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Jembatan Perkebunan Di Desa Kaneyan Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Agri-Sosioekonomi, 16(2), 269. https://doi.org/10.35791/agrsosek.16.2.2020.29493
Yahya, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 3(2), 269–280. https://doi.org/10.37087/jtb.v3i2.103
Zaenudin Ali. (2022). Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN 17 Palu). Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i2.15
Refbacks
- There are currently no refbacks.