Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia

Naimina Restu An Nabil, Ika Wulandari, Sri Yamtinah, Sri Retno Dwi Ariani, Maria Ulfa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi dan membaca bentuk pilihan ganda kompleks berbasis sains kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas isi instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi dan membaca berdasarkan indeks validitas Aiken sehingga instrumen dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil validitas isi yang dihitung dengan formula Aiken. Data validitas isi diperoleh dari 8 orang ahli yaitu guru kimia SMA di Surakarta melalui focus group discussion (FGD). Uji validasi isi dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria penilaian, yaitu tidak relevan tidak relevan (TR), kurang relevan (KR), cukup relevan (CR), dan relevan (R). Instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi menghasilkan 18 item soal valid dengan indeks Aiken ≥ 0,75 dan 2 item soal tidak valid dengan indeks Aiken <0,75. Sedangkan instrumen asesmen kompetensi minimum literasi membaca menghasilkan 20 item valid dengan indeks Aiken ≥ 0,75.

Keywords

validitas isi; Aiken; asesmen kompetensi minimum

Full Text:

PDF

References

Aiken, L. R. (1985). Educational and Psychological Measurement, Pearson.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas, Buletin Psikologi, Thn. III No 1 (19-26).

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q. (2015). Standards for Educational and Psychological Testing. Washington: American Educational Research Association.

Fahmina, S. S., Masykuri, M., Ramadhani, D. G., & Yamtinah, S. (2019). Content validity uses Rasch model on computerized testlet instrument to measure chemical literacy capabilities. AIP Conference Proceedings, 2194(December). https://doi.org/10.1063/1.5139755

Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/viewFile/1715/1321

Ikhsanudin, & Subali, B. (2018). Content validity analysis of first semester formative test on biology subject for senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012039

Ilbery. (1998). from the SAGE Social Science Collections . All Rights. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 9(2), 183–205.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Desain Pengembangan AKM, 1–125.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Mohamad, M. M., Sulaiman, N. L., Sern, L. C., & Salleh, K. M. (2015). Measuring the Validity and Reliability of Research Instruments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 204(November 2014), 164–171. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.129

Pandawa, R. M., Ridwan, A., & Mahdiyah. (2021). Analysis of the instrument content validity using the Aiken Index on disaster nursing competency assessment. Degres, 20(1), 298–308. https://www.degres.pw

Retnawati, H. (2016). Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155-164. doi:http://dx.doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029

Yamtinah, S., Utami, B., Masykuri, M., Mulyani, B., Ulfa, M., & Shidiq, A. S. (2022). Secondary School Science Teacher Response to Minimum Competency Assessment: Challenges and Opportunities. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 124–131. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1075

Yamtinah, S., Utami, B., Mulyani, B., Masykuri, M., & Ulfa, M. (2022). Pendampingan penyusunan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai upaya penguatan kemampuan guru. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia XIII, 13(1), 56–65. https://jurnal.uns.ac.id/snkpk/article/view/58101

Yuliarto, H. (2021). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 17(1), 19–23.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.