Efektivitas Perpaduan PBL dan Time Token dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dan Kemandirian pada Materi Virus

Margaretha Fiorentina Mega Windasari, Eko Retno Mulyaningrum, Maria Ulfah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efetivitas perpaduan model PBL dan time token terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian siswa pada pembelajaran daring materi virus. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Non-quivalent Control Group Design. Penelitian  dilaksanakan di SMAN Batangan Pati. Waktu penelitian dilaksanakan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, pada bulan September 2021. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 2 yang berjumlah siswa dan X-MIPA 3 yang berjumlah siswa 60. Hasil penelitian persentase uji N-gain pada kelas eksperimen 37% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 21%. Persentase kemandirian siswa mencapai kategori tinggi yaitu sebesar 71%. Didukung dengan hasil uji statistik diperoleh nilai 0,005 dengan taraf signifikansi  (0,005 < 0,005) sehingga H1 diterima. Maka dapat disimpulkan perpaduan PBL (Problem Based Learning) dan Time Token dinyatakan efektif terhadap hasil belahar dan kemandirian siswa pada materi virus.

Keywords

PBL; time token; hasil kognitif; kemandirian

Full Text:

PDF

References

Artawan, I., Arini, N., & Partimiti, D. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Proses Mengkomunikasikan Dalam Model Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(2), 111-118.

Astikawati, N., Tegeh, I., & Warapala, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi IPA Terpadu dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 76-85.

Chairia , P., Maskun, & Ekwandari, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 4(2).

Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-189.

Fanani, H., & Pramukantoro , A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Dasar-Dasar Kelistrikan Di SMK Sidoharjo. Jurnal Pendidikan Elektro, 2(2), 1-8.

Handayani, N. (2018). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SD. Jurnal Lampuhyang, 9(2), 1-15.

Hendriana, H., Johanto , T., & Sumarmo, U. (2018). The role of Probelem based learning to improve students matematical problem solving ability and self confidence. Jurnal on Matematics Education, 9(2), 291-300.

Nashiroh, P., Ekarini, F., & Ristanto, R. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Mind Map Tehadap kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 43-53.

Putri , R. (2017). Perbandingan Keterampilan Sosial Menggunakan Model TT dan JIGSAW II Memperhatikan Kecerdasan Emosional. Jurnal Studi Sosial/Jurnal of Social Studies, 5(3).

Santyasa, I. W., Santyadipura, G., & Juniantari , M. (2019). Problem based learning model versus direct instruction in achieving critical thinking ability viewed from studens' sosial attituded in learning physics. Advances in Sosial Sciece, Education and Humanities, 633-644.

Sockaligam, N., & Schmidt, H. (2011). Characteristics of Problem for Problem Based Learning: The Student Perspective. The Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 5(1), 5-33.

Supit, E. K., Ngangi, J., Moko, E., Kamagi, D. W., Posumah, D. C., & Rayer, D. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Applikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Kristen Kotamobagu. JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 59-65.

Supiandi, M., & Julung , H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Malang : Arruz-Media.

Vilmala , B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classrom untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal of Education Informatic Tecnhology and Science (JeITS), 1(2), 145-154.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.