Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmaryadi, A. I., Asmaryadi, A. I., & Nur, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar e-LKPD Berbasis MIKiR dengan Mengunakan Live Worksheets pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7377–7385. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3521
Azizah, N., Rahardjo, D. T., & Probosari, R. M. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dan Konsep Diri Peserta Didik Kelas Viii Dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA. PAEDAGOGIA, Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 31–40.
Bond, D. (1989). In pursuit of chemical literacy: A place for chemical reactions. Journal of Chemical Education, 66(2), 157. http://dx.doi. org/10.1021/ed066p157
Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/CEP.V5I1.3280
Dayelma, Y., Octarya, Z., & Refelita, F. (2019). Hubungan Literasi Sains Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Jedchem (Journal Education And Chemistry), 1(2), 72–78. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/180
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. www.insightassessment.com
Hariyanti, D. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V5I1.185
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2124
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/J.JS.2019.V9.I2.P183-191
Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 375–385. https://doi.org/10.33394/JP.V9I3.5285
Mulyani, S., Susanti, S.V.H., Ariani, S.R.D., Utomo, S.B., Kharolinasari, R., Panie, M.Y. (2022). Model Blended Learning Berbasis Multiple Representasi Untuk Pembelajaran Kimia Di SMA. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 55-64. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i1.56298
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/NSE.V1I1.173
PISA. (2018). PISA 2018 Results in Focus. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.JPTI.87
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/JMPF.V9I1.31612
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rifa’i, A., Safitri, N., Setiani, D., Alwy, L. A., Ma’rifah, D.R., Saifuddin, M.F. (2022). Respon Siswa Terhadap Implementasi LMS Moega Smart School Pada Mata Pelajaran Biologi. PEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 65-78. https://doi.org/ 10.20961/paedagogia.v25i1.58568
Rosa, M. D., Wildan, W., Hadisaputra, S., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.29303/CEP.V5I1.2928
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021a). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22–32. https://doi.org/10.20527/QUANTUM.V12I1.10215
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021b). Flip Book Maker Based Water Chemistry E-module Development as a Distance Learning Alternative.ASSEHR. 448–452. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.211130.081
Sumanik, N. B., Parlindungan, J. Y., Andari, G., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Sebagai Evaluasi Hasil Belajar disertai Asessment Online. Musamus Journal of Science Education, 4(1), 014–021. https://doi.org/10.35724/MJOSE.V4I1.3983
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V2I7.233
Sutrisno, Nana. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683- 2694. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530
Refbacks
- There are currently no refbacks.