Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Novike Bela Sumanik

Abstract

Keterampilan literasi sains dan berpikir kritis sangat diperlukan di abad 21 terutama dalam pembelajaran sains. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai sangat penting. Salah satu media yang dapat digunakan adalah lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) menggunakan liveworksheet. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian dilaksankan di SMPN 3 Merauke kelas VII tahun ajaran 2020-2021 semester ganjil. Subjek penelitian pada uji coba kelompok kecil 11 peserta didik sedangkan uji coba lapangan berjumlah 36 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, lembar observasi, angket respon dan instrumen soal.  Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-LKPD berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan tergolong sangat valid; (2) e- LKPD tergolong kategori sangat praktis ditinjau dari lembar observasi; (3) e-LKPD termasuk efektif berdasarkan hasil uji coba skala. Dengan demikian, e-LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan telah layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. secara detail, melainkan angka tersebut dinarasikan sehingga pembaca lebih mudah memahami maksudnya.

Keywords

lembar kerja peserta didik; literasi sains; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Asmaryadi, A. I., Asmaryadi, A. I., & Nur, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar e-LKPD Berbasis MIKiR dengan Mengunakan Live Worksheets pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7377–7385. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3521

Azizah, N., Rahardjo, D. T., & Probosari, R. M. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dan Konsep Diri Peserta Didik Kelas Viii Dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA. PAEDAGOGIA, Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 31–40.

Bond, D. (1989). In pursuit of chemical literacy: A place for chemical reactions. Journal of Chemical Education, 66(2), 157. http://dx.doi. org/10.1021/ed066p157

Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/CEP.V5I1.3280

Dayelma, Y., Octarya, Z., & Refelita, F. (2019). Hubungan Literasi Sains Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Jedchem (Journal Education And Chemistry), 1(2), 72–78. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/180

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. www.insightassessment.com

Hariyanti, D. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V5I1.185

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2124

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/J.JS.2019.V9.I2.P183-191

Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 375–385. https://doi.org/10.33394/JP.V9I3.5285

Mulyani, S., Susanti, S.V.H., Ariani, S.R.D., Utomo, S.B., Kharolinasari, R., Panie, M.Y. (2022). Model Blended Learning Berbasis Multiple Representasi Untuk Pembelajaran Kimia Di SMA. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 55-64. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i1.56298

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/NSE.V1I1.173

PISA. (2018). PISA 2018 Results in Focus. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.JPTI.87

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/JMPF.V9I1.31612

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Rifa’i, A., Safitri, N., Setiani, D., Alwy, L. A., Ma’rifah, D.R., Saifuddin, M.F. (2022). Respon Siswa Terhadap Implementasi LMS Moega Smart School Pada Mata Pelajaran Biologi. PEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 65-78. https://doi.org/ 10.20961/paedagogia.v25i1.58568

Rosa, M. D., Wildan, W., Hadisaputra, S., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.29303/CEP.V5I1.2928

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021a). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22–32. https://doi.org/10.20527/QUANTUM.V12I1.10215

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021b). Flip Book Maker Based Water Chemistry E-module Development as a Distance Learning Alternative.ASSEHR. 448–452. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.211130.081

Sumanik, N. B., Parlindungan, J. Y., Andari, G., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Sebagai Evaluasi Hasil Belajar disertai Asessment Online. Musamus Journal of Science Education, 4(1), 014–021. https://doi.org/10.35724/MJOSE.V4I1.3983

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V2I7.233

Sutrisno, Nana. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683- 2694. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.