Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Minyak Bumi Berbasis Green Chemistry Berbantuan Articulate Storyline

Nurul Atsna Qonita, Wiwik Kartika Sari, Julia Mardhiya

Abstract

Pembelajaran dengan media konvensional menyebabkan siswa cenderung bosan dan menjadi penyebab kurangnya minat, motivasi, dan berpikir kritis. Era digital menuntut calon guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan articulate storyline berbasis green chemistry pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop and disseminate). Penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Hasil validasi produk dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan analisis data Aiken’s V. Hasil validitas memperoleh nilai sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Adapun hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan persentase rata-rata 71%.

Keywords

articulate storyline; green chemistry; minyak bumi

Full Text:

PDF

References

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, (June), 72. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Ballard, J., & Mooring, S. R. (2021). Cleaning Our World through Green Chemistry: Introducing High School Students to the Principles of Green Chemistry Using a Case-Based Learning Module. Journal of Chemical Education, 98(4), 1290–1295. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00312

Chang. (2013). Teacher guidance to mediate student inquiry through interactive dynamic visualizations. Instructional Science. 41(5), 895–920.

Estheriani, N. G. N., & Muhid, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Berpikir Siswa Di Era Industri 4.0 Melalui Perangkat Pembelajaran Dengan Media Augmented Reality. Ilmiah Psikologi, 22(2), 118–129.

Fadlah, R. Y., & Bayharti, B. (2019). Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Minyak Bumi Kelas XI SMA. Edukimia, 1. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i2.a36

Fibonacci, A., Azizati, Z., & Wahyudi, T. (2020). Development of Education for Sustainable Development (Esd) Based Chemsdro Mobile Based Learning for Indonesian Junior High School: Rate of Reaction. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 5(1), 26–34. https://doi.org/10.15575/jtk.v5i1.5908

Hatimah, H., Hulyadi, Pahriah, & Sajrin, N. (2020). Pengembangan Modul terintegrasi Ayat-ayat al-Qur’an Pada Materi Minyak Bumi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI di MA NW Daru Muhyiddin NW Santong Terara Lombok Timur. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 8–19.

Hudson, C. C., & Whisler, V. R. (2013). Contextual teaching and learning for practitioners. IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings, 2(4), 228–232.

Kennedy, S. A. (2016). Design of a Dynamic Undergraduate Green Chemistry Course. Journal of Chemical Education, 93(4), 645–649. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00432

Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603

Lewis. R. Aiken. (1985). Three Coefficients for Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131–141. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0013164485451012

Mufidah, E., & Khori, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. Ibtida’ : Media Komunikasi Hasil Penellitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 02(02), 124–132.

Mulyana, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(Oktober), 15–38.

Paristiowati, M., Zulmanelis, Z., & Nurhadi, M. F. (2019). Green Chemistry-Based Experiments As the Implementation of Sustainable Development Values. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 11–20. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.3566

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Purwanto, A., Muktiningsih, & Tantaruna, J. E. (2020). Pengembangan e-Modul Elektrokimia Terintegrasi Lingkungan Berbasis Kontekstual untuk SMK Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 38–51.

Rahayu, S. (2020). Peran Kepemipinan Kepala Madrasah Terhadap Mutu Pembelajaran Menuju Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020, 733–746.

Rahma, S. Z., Mulyani, S., & Masyikuri, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam di SMAI Surabaya pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 70. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p70-76

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Soft Skills Siswa Melalui Penerapan Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.317

Rianto. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 103. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3832

Rindrayani, S. R. (2016). Upaya Membangun Guru Profesional Berkarakter di Era Globalisasi Melalui Pembelajaran. (1), 335–342. https://doi.org/10.31227/osf.io/j2nmh

Safri, M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5.

Sari, S., Safitri, I., & Farida, I. (2019). Design of educational games oriented to chemical literacy on petroleum material. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055032

Sari, W. K. (2018). Development of Laboratory Worksheet Based on Problem Based Learning to Improve Student Learning Outcomes. International Education & Research Journal (IERJ), 4(4), 8–9.

Suyoso, S., Istiyono, E., & Subroto. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Fisika Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kesiapan Peserta Didik Dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 89–97. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.12461

Zuin, V. G., Eilks, I., Elschami, M., & Kümmerer, K. (2021). Education in green chemistry and in sustainable chemistry: perspectives towards sustainability. Royal Society of Chemistry, 23(4), 1594–1608. https://doi.org/10.1039/d0gc03313h

Refbacks

  • There are currently no refbacks.