PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICA TION TECHNIQUE (VCT) TIPE ANALISIS NILAI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR

Fenny Purbasari, Rusnaini Rusnaini, Winarno Winarno

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran VCT media video pembelajaran berbantuan jenis analisis nilai memiliki efek pada penguasaan kompetensi dasar menghargai sikap toleran di berbagai kelompok etnis, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest-only. Populasi penelitian siswa kelas VII SMP Negeri Mojolaban dan sampel sebanyak 32 siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, analisis isi, dan kuesioner. Analisis data prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 2,273 pada tingkat signifikansi 5% dengan dk = n1 + n2 - 2 (32 + 32 - 2 = 62 sehingga nilai dari tabel t adalah 1,999 (interpolasi). Nilai t-hitung = 2,273 > t- tabel = 1,999 dan nilai rata-rata kelas eksperimen = 122,75 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol = 116,25.Dengan demikian, model pembelajaran VCT media video pembelajaran berbantuan jenis analisis nilai memiliki efek pada penguasaan kompetensi dasar.

Keywords

nilai teknik klarifikasi (VCT); media pembelajaran video; sikap toleransi

Full Text:

PDF

References

Adisusilo, Sutarjo. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Kontruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Komalasari, Kokom. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Wibowo, Agus dan Sigit Purnama. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasisiwa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara

Winfred F.Hill. (2012). Theories of Learning Teori-Teori Pembelajaran Konsepsi,

Komparasi dan Signifikansi. Bandung: Nusa Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.