ENHANCING STUDENTS’ SELF-ESTEEM IN WRITING NARRATIVE TEXT USING COLLABORATIVE LEARNING

Fatma Indratama, Suparno Suparno, Dewi Rochsantiningsih

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan harga diri siswa da-lam menulis teks naratif dengan menggunakan metode collaborative learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA N  Surakarta tahun 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus selama tiga bulan. Dengan menggunakan metode collaborative learning, masalah siswa yang berkaitan dengan harga diri mereka dalam pembelajaran menulis dapat  diatasi. Sikap siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menunjukkan peningkatan. Peningkatan harga diri siswa dalam menulis terlihat pada setiap aspek harga diri (competence, self-worth, success and confidence). Jumlah siswa yang percaya dapat menulis teks bahasa Inggris dengan benar meningkat dari 15% menjadi 96,5%. Jumlah siswa yang merasa berharga dalam proses diskusi meningkat dari 67,89% menjadi 87,86%. Jumlah siswa yang percaya bisa sukses dalam menulis meningkat dari 60,66% menjadi 94,75%. Jumlah siswa yang percaya diri dapat menulis teks naratif bahasa Inggris meningkat dari 42% menjadi 89,5%. Di samping itu, peningkatan sikap siswa juga telah mempengaruhi kemampuan menulisnya.

Keywords

metode collaborative learning; harga diri dalam menulis; teks naratif

Full Text:

PDF

References

Barthes, R. (1977). Image Music Text. Great Britain: Fontana Press.

Burns, A. (1999). Collaborative Action Research for English Language Teacher.

Cambridge: Cambridge University Press.

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L., Travers, J. F. (2000). Educational

Psychology: Effective Teaching, Effective Learning (3 ed.). New York: McGraw-Hill Higher Education. rd

Guindon, M. H. (2010). Self-Esteem Across The Lifespan: Issues and Interventions.

New York: Routledge.

Hill, S., Hill, T. (1990). TheCollaborative Classroom: A Guide to Co-operative

Learning. Australia: Eleanor Curtain.

Jacobs, H. L., Zinkgraf, S. A., Wormuth, D. R., Hartfiel, V. F., & Hughey, J. B. (1981). Testing ESL composition; A practical approach. Rowley, MA: Newbury House.

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar. Sydney. University of New

South Wales Press Ltd.

Koshy, V. (2005). Action Research for Improving Practice A Practical Guide.

Trowbridge, Wiltshire, Great Britain: Cromwell Press.

Linse T, Caroline. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners. New York:McGraw Hill Companies, Inc.

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. UK:

Cambridge University Press.

Schmidt, K. (2002). Classroom Action Research: A Case Study Assessing Students'

Perceptions and Learning Outcomes of Classroom Teaching Versus On-line

Teaching. Journal of Industrial Trial Education. Volume 40, Number 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.