PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK HIDROLIS GARAM UNTUK SMA/MA

Fitri Wahyuningsih, Sulistyo Saputro, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing dan (2) kualitas produk pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R & D) dari Borg & Gall. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pada tahap: (a) studi pendahuluan dibutuhkan LKS, (b) perencanaan dan pengembangan produk awal dihasilkan draf II LKS, (c) uji coba lapangan awal dihasilkan draf III, (d) uji coba lapangan dihasilkan draf IV, (e) uji pelaksanaan lapangan dihasilkan draf V (produk akkhir); dan (2) kualitas produk pengembangan diperoleh CV sebesar 0,79 yang menunjukkan bahwa LKS dapat dilanjutkan pada tahap uji coba diperoleh rata-rata penilaian “sangat baik”, rata-rata angket respons siswa dan guru diperoleh penilaian “sangat baik”, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Batik 1 Surakarta sebesar 94,12% dan kelas XI IPA 2 SMA Batik 2 Surakarta sebesar 82,86% sehingga keduanya dapat dinyatakan tuntas secara klasikal.

Keywords

LKS; inkuiri terbimbing; hidrolisis garam; kualitas produk

References

Abdi, A. 2014. The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students' Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research. 2(1): 37-41.

Bilgin, I. 2009. The Effect of Guided Inquiry Instruction Incorporating a Cooperative Learning Approach on Unervisity Student's Achievement of Acid and Base Concept and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay. 4(10): 1038-1046.

BSNP. 2006. Standar Isi Satuan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2007.Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP: Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Borg, W.R., & Gall, M.D. 2007. Educational Research: an Introduction. Boston: Person Education, Inc.

Gregory, R. J. (2007). Psychological Testing History, Principles, and Applications. Boston: Pearson/Allyn and Bacon.

Hanafiah, Nanang & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT

Refika Aditama.

Matthew, B. M. & Kenneth, I.O. 2013. A Study on The Effects of Guided Inquiry Teaching Method on Students Achievement in Logic. International Research. 2(1): 134-140.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryani, N. & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.