KAJIAN PRAGMATIK PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Muhammad Rohmadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan (1) tindak tutur yang digunakan dalam percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan
(2) maksud yang terkandung di balik percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Teknik analisis dilakukan dengan teknik mengalir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) guru dan siswa menggunakan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam pembelajaran; (2) maksud-maksud yang terkandung di balik tuturan guru dan siswa, antara lain: untuk menyuruh, memotivasi, mengklarifikasi, menguatkan, menghibur, dan menyimpulkan. Dengan demikian, percakapan guru dan siswa menggunakan tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords

pragmatik; percakapan; pembelajaran bahasa Indonesia; tindak tutur

Full Text:

PDF

References

Gunarwan, Asim. 1992. “Persepsi Kesantunan Direktif di dalam Bahasa Indonesia di Antara Beberapa Kelompok Etnik di Jakarta”, dalam

PELLBA 5. Yogyakarta: Kanisius.

Gunarwan, Asim. 2007. Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara.

Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Grice, H.P. 1975. Logic and Conversation In Cole P(ed) Syntax and Semantic 3: Speech Acts. New York: Academic Press. Vol. 3. Pp. 41-58.

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. Singapore: Longman.

Milles, Matthew. & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UI-Press.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia

. Jakarta: Balai Pustaka.

Rohmadi, M. 2009. “Implikatur dalam Wacana kampanye Politik Pemilu 2009”, dipresentasikan pada Konferensi Linguistik Tahunan (KOLITA) Atma Jaya VII tanggal 27-28 April 2009 di Universitas Atma Jaya Jakarta

Rohmadi, M. 2013a. “Tindak Tutur Persuasif dan Provokatif dalam Wacana Spanduk Kampanye Pilkada Jawa Tengah Tahun 2013”, dalam

Makalah yang dipaparkan dan diproceeding dalam Seminar Internasional, tanggal 4-5 Juli 2013 di Pascasarjana UNDIP Semarang.

_______. 2013b. “Tindak Tutur Ekspresif dan Persuasif Guru-guru SD dalam Pembelajaran Peer Teaching di Hotel Grand Setiakawan Surakarta”

Makalah dalam Proceeding Seminar Nasional 80 tahun Prof. Seoepomo, tanggal 5-6 Desember 2013 di UGM Yogyakarta.

________. 2014. “Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Pragmatik Soal Cerita Matematika dalam Ujian Nasional SD”. Makalah dipaparkan dalam Seminar Nasional di UNTAN Pontianak, Kalimantan Barat, 27 Februari 2014.

Thomas, Jenny. 1996. Meaning in Interaction: an Introduction to Pragmatics. London and New York: Longman.

Sutopo. HB. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wijana, I Dewa P. dan Rohmadi, M. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.