PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Ana Mathofani, Sarwanto Sarwanto, Ahmad Fauzi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan sikap ilmiah siswa  2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa  melalui penerapan pendekatan pembelajaran dan  pembelajaran  kontekstual  menggunakan  metode  eksperimental.  Penelitian  ini didasarkan  pada  adopsi  Kemmis  an  Mc.  Model  Taggart  dilakukan  dalam  dua  siklus. Subyek  penelitian  adalah  34  siswa  kelas  XI  RPL  B  SMK  N  2  Karanganyar  pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif deskriptif          digunakan.  Berdasarkan  analisis  data  dalam  penelitian  ini,  dapat disimpulkan  bahwa:  (1)  penerapan  pendekatan  pembelajaran  dan  pengajaran kontekstual dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa  ,hal  ini      ditunjukkan  oleh  jumlah  siswa  pada  Kategori  Terbaik  dan  Baik  oleh 56,60%  siswa  pada  siklus  pertama  dan  oleh  90,32%  siswa  pada  siklus  kedua.  Siklus kedua telah mencapai indikator kinerja yang memiliki 70% kategori Best dan Good. Hal ini  menyebabkan  perubahan  anggota  kelompok  yang  bergantung  pada  kemampuan siswa  dan  penyebabnya  oleh  siswa  mendapatkan  satu  lembar  kerja.  (2)  penerapan pendekatan  pembelajaran  dan  pembelajaran  kontekstual  dapat  meningkatkan kemampuan kognitif siswa,hal ini ditunjukkan oleh prestasi siswa oleh 17,65% siswa pada siklus pertama dan oleh 73,53% siswa pada siklus kedua.

 Kata Kunci: CTL, metode eksperimen, sikap ilmiah, kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References

______.(2012).(http://www.suaraoenbaruan.com) diakses pada 2 Februari 2015.

Fahrudin, A.U. (2010). Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Diva Press.

Febriana. (2012). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dengan Menggunakan Metode Inquiry Terbmbing untuk meningkatkan prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi Tidak di publikasikan, Universitas Sebelas Maret.

Johnson, Elaine, B. (2002). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC.

Nurrohmah. (2011). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode Eksperimen Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Keativitas. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makda Pembelajaran. Bndung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.