PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI SCHOOLOGY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN

Efi Nur Fidiatun, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Patni Ninghardjanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII AP 3 mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran blended learning  berbasis aplikasi schoology. Jenis penelitian ini adalah Penelitian TIndakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi schoology dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum diterapkan model pembelajaran blended learning  berbasis aplikasi schoology nilai rata-rata kelas pada ranah kognitif 66,84 persentase ketuntasan 29,03%, ranah afektif persentase ketuntasan 64,52% dengan rata-rata nilai yaitu B, ranah psikomotorik rata-ratanya adalah 69,81 dengan persentase ketuntasan 48,39%. Pada siklus I hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata kelas pada ranah kognitif 80,26 dengan persentase ketuntasan 87,10%, ranah afektif persentase ketuntasan 90,32% dengan rata-rata nilai yaitu B, ranah psikomotorik rata-ratanya adalah 79,68 dengan persentase ketuntasan 80,65%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata kelas pada ranah kognitif 85,29 atau dengan persentase ketuntasan 100%, ranah afektif persentase ketuntasan 100% rata-rata nilai yaitu B, ranah psikomotorik rata-ratanya adalah 85,03 persentase ketuntasan 100%.

 

Kata Kunci : blended learning, schoology, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Mumtahanah, Narutun. 2014. Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Studi Keislaman. Vol. 4, No. 1, pp. 91-104.

Kunandar. 2013. Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rizkiyah, Apriliya. 2015. Penerapan Blanded Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Vol. 1, No.1, pp. 40-49.

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.