PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA SD

Heppi Isti Nurani, Raheni Suhita, Edy Suryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas: (1) proses pembelajaran membaca cepat dengan metode SQ3R dan (2) hasil pembelajaran membaca cepat dengan metode SQ3R. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri I Karang Duren. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan revieu partisipan. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas pembelajaran membaca cepat. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari keaktifan siswa dalam mengikuti apersepsi, perhatian, serta minat dan motivasi. Ketuntasan siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan.  Peningkatan kualitas hasil ditunjukkan perkembangan dari 52,6% pada siklus I menjadi 68% pada siklus II, dan 84,2% pada siklus III.

 

Kata kunci: kemampuan membaca , metode SQ3R, membaca cepat

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Masykur, Siti Khanafiyah, dan Handayani, Langlang. (2006). ”Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya Pada Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Volume (4) No.2 Juli 2006, halaman 1-6.

Soedarso. 2005. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudarno, Sugiyanto, dan Sukamto. (2004). ”Metode Membaca SQ3R dan Pemanfaatan Sumber Belajar Pengaruhnya terhadap Kreativitas Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume (2) No. 03 Maret 2004, halaman 128-145

Sujana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suwandi, Sarwiji (2010). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Yasrul efendi. (2008). “Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Menggunakan Metode Speed Reading”, dalam http://id.forums.word-pre-ss.com/to-pic-/peningkatan-kemampuan-membaca-cepat-dengan-meng-gunakan-metode-speed-reading,diunduh tanggal 15 Mei 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.