ANALISIS TAHAPAN PERKEMBANGAN MEMBACA DAN STIMULASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perkembangan membaca dan stimulasi untuk meningkatkan literasi anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah catatan hasil tahapan perkembangan membaca anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak di TK Islam Assaadah Limo Depok. Sumber data adalah catatan guru hasil tahapan perkembangan membaca anak usia 5- 6 tahun. Hasil tersebut dikumpulkan, dianalisis dengan mengelompokkan pada tabel skor penilaian, selanjutnya dijumlahkan, serta yang terakhir dideskripsikan stimulasi apa yang tepat dan harus dilakukan guru sesuai dengan tahapan perkembangan membaca anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata anak usia 5-6 tahun di TK Assaadah, masih sangat kurang optimal perkembangan membacanya. Penulis memberikan masukan terkait dengan hasil penelitian ini guna meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya anak 5-6 tahun di TK Islam Assaadah Limo Depok
Kata kunci: Tahapan perkembangan membaca, stimulasi, literasi, anak usia 5-6 tahun
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. jakarta: kencana prenada media grup.
Bronson, R. 1. (1993). Theory and Problems Of Operation Research. jakarta.
Budiasih., D. z. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas rendah. jakarta: depdikbud.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. jakarta: raja grafindo.
kebudayaan, k. p. (2015). peraturan mendikbud RI nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. jakarta: kemendikbud.
Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional,. jakarta: elex media komputindo.
Musfiroh, T. (2011). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. jakarta: grmedia widyasarana indonesia.
Nasional, D. P. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. jakarta: gramedia pustaka utama.
Nasional, D. P. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat . jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pratisti, W. D. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. jakarta: indeks.
Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar Edisi Kedua. jakarta: bumi aksara.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. jakarta: indeks.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. jakarta: kencana.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. jakarta: kencana.
Suyanto, b. (20015). Metode Penelitian Sosial: Bergabai Alternatif Pendekatan. jakarta: Prenada Mediajakarta.
Widyastuti, A. (2017). perkembangan kemampuan membaca . jakarta: elex media komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.