PENGARUH SERTIFIKASI PROFESI TERHADAP KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENYUSUN RPP
Abstract
Penelitian ini dilatarbrlakangi oleh penelitian sebelumnya terkait analisis RPP dan hasil observasi mahasiswa pada mata kuliah Magang II, di lapangan guru masih memiliki kendala dalam menyusun RPP, hal ini terjadi di Kota Cimahi khususnya bagi guru Bahasa Indonesia tingkat SMP. Berdasarkan hal tersebut, focus penelitian ini pada guru bahasa Indonesia tingkat SMP di wilayah Kota Cimahi yang sudah tersertifikasi. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun RPP dan pengaruh sertifikasi profesi terhadap kemampuan guru dalam menyusun RPP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik penelitian melalui sebaran questioner. Selain hasil angket data penelitian juga berupa RPP yang disusun guru bahasa Indonesia yang tersertifiksi. Hasil menunjukan kemampuan guru dalam menyusun RPP berkatagori baik tetapi dari hasil analisis RPP sebagian besar guru masih kebingungan dalam menyusun RPP terutama komponen orisinalitas, indikator, tujuan pembelajaran, metode, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Dengan demikian, sertifikasi profesi berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam menyusun RPP namun tidak signifikan.
Kata kunci: sertifikasi profesi, rencana pembelajaran, penyusunan RPP
Full Text:
PDFReferences
Darma, Y. A., dkk. (2010). Dampak Tunjangan Profesi Guru. Laporan Akhir. Tidak diterbitkan.
Sudjana, N. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sultoni. (2013). “Pengembangan Model Pengelolaan Pelatihan Motivasional untuk Mendorong Aktualisasi Kompetensi Kepribadian Guru” dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, No. 1 [Juni].
Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wikanengsih, dkk. (2015). “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia” dalam Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, Vol.2, No. 1 [Mei].
Refbacks
- There are currently no refbacks.