ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL GEDHONG SETAN KARYA SUPARTO BRATA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN NOVEL BERBAHASA JAWA

Edy Suryanto, Budi Waluyo, Muhammad Fadli

Abstract

Karya sastra memiliki nilai-nilai penting yang dapat diterapkan dalam kehidupan salah satunya novel berbahasa Jawa. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti novel Gedhong Setan karya Suparto Brata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Unsur struktural yang membangun novel, baik unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik; (2) Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel; dan (3) Relevansi novel sebagai materi pembelajaran novel berbahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan struktural. Data yang diperoleh berasal dari novel, wawancara dengan ahli sastra, guru bahasa Jawa, dan siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis sumber tertulis atau dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalinan, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan. Simpulan penelitian ini; (1) Novel Gedhong Setan karya Suparto Brata memiliki unsur intrinsik meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, bahasa, dan sudut pandang; sedangkan unsur ekstrinsik meliputi situasi sosial politik, ekonomi, dan budaya; sistem pengarang dan kepengarangan; sistem penerbit dan penerbitan; serta sistem pembaca; (2) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel, yaitu: nilai keagamaan, nilai kesusilaan (moral), nilai sosial, dan nilai kultural; dan (3) Novel tersebut sangat relevan sebagai materi ajar dalam pembelajaran novel berbahasa Jawa di SMA.

 Kata kunci:pendekatan struktural, novel, nilai pendidikan, materi pembelajaran

 

 

 

Full Text:

PDF

References

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Balai Bahasa Yogyakarta. (2001). Ikhtisar Perkembangan Sastra Jawa Modern Periode Kemerdekaan. Yogyakarta: Kalika Press.

Bodgan, Robert & Steven J. Taylor. (1993). Kualitatif (Dasar-Dasar Penelitian). (ter. A. Khozin Afandi). Surabaya: Usaha Nasional.

Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Jabrohim. 2014. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mashita, Mutia., Gani, Erizal., & Bakhtaruddin. (2013). “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Implikasinya dalam Pembelajara Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (2), 85-94. Diperoleh 13 Oktober 2015, dari http;//jurnal.unp.ac.id.

Meilindasari, Dyah Ayu. (2015). “Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Novel Kembang Kantil Karya Senggono serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Di SMA”. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rosidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (2013). Ragam Bahasa Sastra. Yoyakarta: Hanindita Graha Widya.

Putra, M.S. & Hardiwidjaja, Y. (2007). How To Write and Market Novel. Bandung: Kolbu.

Ratna, Nyoman Kutha. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohman, Muhammad dan Amri, Sofan. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Semi, M. Atar. (1993). Anatomi sastra. Padang: Angkasa Raya.

Setiadi, M. Elly. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.

Setyawati, Rita. (2013). “Struktur dan Nilai Pendidikan dalam Novel Kerajut Benang Ireng Karya Harwimuka”, Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 3 (01), 1-6, Diperoleh 13 Oktober 2015, dari http://jurnal.ump.ac.id.

Sudjiman, Panuti. (1988). Memahami Cerita Rekaan. Jakaerta: Pustaka Jaya.

Suroto. (1990). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Pres.

Suwondo, T . 2001. “Analisis Struktural Salah Satu Metode Pendekatan dalam Penelitian Sastra” dalam Jabrohim dan Wulandari (Ed.). Metodologi Penelitian sastra. Yogyakarta : Hanindita Graha Widya.

Utomo, Imam Budi, (2002). Eskapisme Sastra Jawa. Yogyakarta: Gama Media.

Wahyuningtyas, Sri & Santosa, Wijaya Heru. (2011). Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Waluyo, H. J. (1994). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Zuldafrial & Muhammad Lahir. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.