PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA

Eka Novvy Prasetyowati, Suyatno Suyatno

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mendeskripsikan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pra-eksperimen jenis one group pre test-post test design dan penelitian korelasional, yang diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Dick & Carey. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gresik dengan sampel siswa kelas XI IPA-3. Data tentang penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis secara deskriptif, sedangkan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran kimia pada materi pokok larutan penyangga dengan model inkuiri dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa (2) Ada hubungan yang kuat dan signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan penguasaan konsep siswa.

Keywords

model pembelajaran inkuiri; keterampilan berpikir kritis; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Model Silabus, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Depdiknas, 2007, Permendiknas Nomor 41 Tentang Standar Proses, Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta

Langrehr, J., 2006, Mengajar Anak-Anak Kita untuk Berpikir, Penerjemah Alexander Sindoro. Interaksa, Batam.

Joyce, B. and Weil, M., 2000, Models of Teaching, Sixth Edition, Allyn and Bacon Publishing Company, USA

Slack, A. B., 2007, Preservice Science Teacher Experiences with Repeated Guided Inquiry, Georgia,Atlanta.

Wirtha, M. I. dan Rapi, N.K., 2008, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 15-29.

Riyadi, U., 2008, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Kegiatan Laboratorium Dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Wahyana, 2001, Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran IPA, Pusat Penerbitan Universitas terbuka, Jakarta

Bilgin, I., 2009, Scientific Research and Essay, 4 (10), 1038-1046.

Orgill, M. and Sutherland, A., 2008, Journal of Chemistry Education, 9, 131-143

Marsita, R.A., Priatmoko, S., Kusuma, E., 2010, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4 (1), 512-520.

Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

Dick, W. and Carey, L., 2009, The Systematic of Instructional Design. 3rd Edition, Scott, Foresman and Company, Glenview

Hake, R.R., 1999, .American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Methodology: Analyzing Change/Gain Scores, Woodlan Hills, New York

Santoso, S., 2010, Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 19, Gramedia, Jakarta

Slavin, R.E., 1994, Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik. Edisi VIII, Penerjemah Marianto Samosir, Indeks, Jakarta:

Santrock, W.J., 2010, Psikologi Pendidikan, Edisi II, Penerjemah Tri Wibowo, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Amien, M., 1997, Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry, Depdikbud, Jakarta.

Arends, R.I., 1997, Classroom Instruction and Management, Mc Graw Hill Companies, Inc, New York.

Ennis, R. H., 1987, A Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities. In “Teaching Thinking Skills: Theory and Practice”. Eds. Baron, J.B. and Sternberd, R.J., WH Freeman & Company, New York

Ibrahim, M., 2007, Mendefinisikan Pendidikan Berbasis Inkuiri. Online: kpicenter.web.id/neo/content/view/18/1. Diakses 13 Maret 2013.

Rohman, A., 2012, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berbasis Laboratorium dengan Problem Possing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah Siswa SMA, Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Anggraini, N.W., Ristiati, N.P., Widiyanti, N.L.P.M., 2013, Jurnal Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. 3.

Johnson, S. and Siegel, H., 2010, Teaching Thinking Skills.:, British Library, New York

Refbacks

  • There are currently no refbacks.