PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS XI MATERI ASAM BASA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Nanang Rahman, Sri Atun

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran kimia SMA kelas XI materi asam basa untuk meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik, (2) mengetahui kualitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan
(3) mengetahui perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter antara peserta didik yang diajarkan menggunakan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D yang memiliki tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun, tahapan Disseminate tidak dilaksanakan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencana
pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli, pendidik, dan teman sejawat, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum memiliki kategori “sangat baik”. Pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan peneliti dapat membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, kreatif, komunikatif dan teliti. Penggunaan perangkat pembelajaran hasil pengembangan juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil uji-t, maka terdapat perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik yang diajarkan dengan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional.

Keywords

pengembangan; perangkat pembelajaran; karakter

Full Text:

PDF

References

Depdiknas., 2010, Penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk

daya saing dan karakter bangsa, Depdiknas.. Jakarta,

Darmiyati Zuchdi, 2010, Pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, UNY Press, Yogyakarta

Yahya Khan, 2010, Pendidikan karakter berbasis potensi diri, Pelangi Publishing, Yogyakarta.

Rita C.R., Tolson, H., Huang, T.S., 2009, Journal children & School, 31, 71.

Lickona, T., 1992, Educational for character: how our schcools can teach respect and responbility, Bantam Book, New York.

Dharma Kesuma, Cepi Triatna & Johar Permana, 2011, Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di

sekolah, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Agus Suprijono, 2011, Cooperatif learning teori & aplikasi, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Borg, W.R. & Gall, M.D., 1983, Educational researcher: An

introduction (4th ed.), Longman, New York.

Sugiyono, 2008, Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan S., Semmel D., and Semmel M. I., 1974, Intructional development for training teachers of

exceptional children: A Sourcebook, Central for Innovation on Teaching the Handicaped, Minnesota.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.