ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DALAM MATERI GERAK BENDA

Sarwanto - Sarwanto

Abstract

Keterampilan dalam berpikir kritis adalah suatu hal yang krusial bagi peserta didik untuk mendukung ketercapaian dalam berjalannya pembelajaran, terkhusus pada pembelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan IPA merupakan materi belajar yang kompleks, tidak hanya, konsep, fakta, prinsip, dan hukum atau teori, tetapi meliputi proses rasa ingin tahu untuk menciptakan suatu penemuan. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengukur tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII dalam materi gerak benda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 26 Surakarta yang berjumlah 28 orang. Teknik dalam hal menentukan subjek pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis, dokumentasi, dan wawancara. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pertama reduksi data, kemudian penyajian data, dan setelah itu penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil dari analisis keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam materi gerak benda adalah 57% dengan kategori keterampilan berpikir kritis cukup. Secara rinci dijabarkan yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana dengan kategori tinggi sebesar 32%, aspek strategi dan taktik dengan kategori rendah sebesar 53%, aspek memberikan penjelasan lebih lanjut dengan kategori cukup sebesar 75%, aspek membangun keterampilan dasar dengan kategori rendah sebesar 53%, dan aspek menyimpulkan dengan kategori cukup sebesar 64%.

Keywords

Analisis, berpikir kritis, materi gerak benda

References

Amalia, N. F., Minarti, I. B., Tengah, J., & Tengah, J. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah. 17(1), 152–160.

Forawi, S. A. (2016). Standard-based science education and critical thinking. Thinking Skills and Creativity, 20, 52–62. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.02.005

Hasnunidah, N. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Ekosistem Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Media Maket. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 64–74. https://www.neliti.com/id/publications/121537/keterampilan-berpikir-kritis-siswa-smp-pada-pembelajaran-ekosistem-berbasis-kons

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Prihatiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 1053–1062.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194

Samsul Amarila, R., Subali, B., & Saptono, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192

Sundari, P. D., Parno, & Sentot Kusairi. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Model Pembelajaran Terintegrasi. Kependidikan, 2(2), 348–360.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.