Pengembangan Media Video Berbasis Artificial Intelligence pada Materi Ekosistem untuk Kelas V di SDN 37 Mataram
Abstract
Pendidikan di abad 21 telah mengalami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. Pada bagian muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau dikenal juga dengan sebutan Sains, kualitas pendidikan yang dimiliki Indonesia masih rendah. Berikutnya, hasil pra penelitian berupa observasi dan wawancara di SDN 37 Mataram didapatkan data hasil belajar peserta didik di muatan IPA Tema 5 Ekosistem, yang belum mencapai KKM pada UTS sebanyak 46% dan UAS sebanyak 50%. Setelah ditelusuri, hal ini terkait dengan penyiapan media pembelajaran. Diketahui bahwa penggunaan media digital yang minim dalam pembelajaran karena kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital yang layak dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development (R&D), dengan model ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah video pembelajaran Ekosistem berbasis artificial intelligence. Telah dilakukan uji validitas untuk mengetahui kelayakan video. Hasil validasi materi dan media memperoleh hasil masing-masing 77,5% dan 95%, persentase tersebut kemudian diakumulasikan ke Skala Likert dan mendapat kategori “Valid” dan “Sangat Valid”, dengan media layak dengan revisi. Selanjutnya, hasil kepraktisan pada kelompok kecil dengan mendapat nilai 87% dengan kategori “Sangat Praktis”, kelompok besar pada peserta didik dan guru memperoleh nilai 80% dan 91%, masing-masing dengan kategori “Praktis” dan “Sangat Praktis”.
Education in the 21st century has experienced rapid development of information and communication technology. In the kind of Natural Sciences (IPA) or also known as Science, the quality of education in Indonesia is still low. Next, the results of pre-research in the form of observations and interviews at SDN 37 Mataram obtained data on the learning outcomes of students in the Science of Theme 5 Ecosystems, which have not reached the KKM in the UTS as much as 46% and UAS as much as 50% yet. After being traced, this is related to the preparation of learning media. It is known that the minimal use of digital media in learning is due to the lack of teacher ability to develop media. Therefore, this research aims to develop digital learning media those are feasible and practical. This research is type of Research and Development (R&D), with the ADDIE model. The result of this research is an artificial intelligence-based Ecosystem learning video. A validity test has been conducted to determine the feasibility of the video. The results of material and media validation obtained results of 77.5% and 95% respectively, the percentage was then accumulated to the Likert Scale and got the categories ‘Valid’ and ‘Very Valid’, with the media feasible with revision. Furthermore, the results of practicality in small groups scored 87% with the category ‘Very Practical’, large groups of students and teachers scored 80% and 91%, respectively with the categories ‘Practical’ and ‘Very Practical’.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahdiat, A. (2024, Januari 25). databoks. Retrieved July 16, 2024, from databoks katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/25/pisa-2022-kemampuan-sains-pelajar-indonesia-turun
Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa'adianoor., Karuru, P., Hamsiah, A. (2023). Penerapan media pembelajaran era digital. Kota Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Azfar, F., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2025). Pengembangan media pembelajaran video avatar berbasis artificial intellegence (AI) bagi peserta didik tingkat pendidikan dasar. January. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i4.5193
Ernawati, I., Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Haryanto, S., Zahra, R., Merakati, I., Nuwrun Thasimmim, S., & Arifianto, T. (2024). Pembelajaran berbasis game: pelatihan membuat media pembelajaran menarik dengan teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 868–883.
Hulu, Y. (2023). Problematika guru dalam pengembangan teknologi dan media pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840-846. doi:https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285
Karyati, F. (2017). Pengembangan media gambar dalam meningkatkan pembelajaran Matematika. Al Ulum Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 312-320. doi:http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v3i1.815
Kibari, M. A., Ratumbuysang, M. F., & Hamsi, M. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 867-880.
Noveridha Utama, & Zulyusri. (2022). Meta-analisis praktikalitas penggunaan e- modul oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 9(1), 27–33. https://doi.org/10.29407/jbp.v9i1.17671
Retnayu, Y. A., Retnantiti, S., Fefi, K., & Sakti, L. (2023). Pengembangan media video xianwen berbasis instagram untuk melatih penguasaan kosakata bahasa mandarin. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(4), 541-556. https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p541-556
Ridwan, R. P. A., Nurcahya, S. B., & Nursyabani, A. (2022). Analisis kinerja media sosial OPD pemerintah kota Bandung dalam penyiaran kebijakan publik. Jurnal Administrasi Perkantoran Dan Kesektariatiatan, 1(1), 29–40.
Salma. (2023). DuniaDosen.com. Retrieved from https://duniadosen.com/data-penelitian/
Setyawan, R. A., Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran usability website e-commerce sambal nyoss menggunakan metode skala Likert. Compiler, 7(1). http://dx.doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254
Tambunan, S. A. (2021). Analisa kebutuhan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung di kelas desain permodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Journal Al Ibtida, 3(2), 197–211. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/ibtida/article/view/880
Yusuf, M. (2023). Inovasi pendidikan abad-21: perspektif, tantangan, dan praktik terkini. Yogyakarta: SELAT MEDIA PATNERS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.