Pengaruh Media Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Sistem Indera Penglihatan Manusia di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah dan penggunaan metode serta media yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar IPAS pada materi sistem indera penglihatan manusia kelas V di SD Negeri 9 Jambu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental dirancang menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Data diperoleh rata-rata 53,7 dan 77,9 pada pretest dan posttest melalui uji validitas dan reliabilitas (0,876) dengan melibatkan 19 peserta didik kelas V. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk bahwa nilai (W=0,922;P=0,122) pada pretest, sedangkan nilai (W=0,931;P=0,180) posttest. Uji-t menggunakan paired samples t-test bahwa statistik -16,6 dengan (df) 18 dan nilai signifikansi p < 0,001. Rata-rata pretest dan posttest -24,2. Interval kepercayaan 95% dengan rentang -27,2 hingga -21,1. Cohen’s (effect size) sebesar -3,80 yang menunjukkan hasil penelitian terdapat adanya perubahan signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan (treatment) menggunakan penerapan media wordwall. Temuan ini mengindikasikan bahwa media wordwall dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran IPAS materi sistem indera penglihatan manusia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media wordwall merupakan media pembelajaran interaktif dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi sistem indera penglihatan manusia di kelas V SD Negeri 9 Jambu.
This research is motivated by the low learning outcomes of students and the use of inappropriate methods and media in the learning process. This study aims to determine the effecct of wordwall learning media on scrience learning outcomes in the material of the human visual sensory system of grade V at SD Negeri 9 Jambu. This study uses a quantitative approach with a Pre-Experimental design designed using One-Group Pretest-Posttest Design. The data obtained averaged 53,7 and 77,9 in the pretest and posttest through validity and reliability tests (0,876) involving 19 grade V students. Data analysis was carried out using the Shapiro-Wilk normality test that the value (W=0,922; P=0,122) in the pretest, while the value (W=0,931; P=0,180) posttest. The t-test using paired samples t-test obtained a t_count statistic of -16,6 with (df) 18 and a significance value of p <0,001. The average pretest and posttest were -24,2. The 95% confidence interval ranged from -27,2 to -21,1. Cohen (effect size) was -3,80, indicating that there was a significant change in student learning outcomes after being given treatment using the application of wordwall media. This finding indicates that wordwall media can improve student’s understanding of science learning on the material of the human visual sensory system. Thus, it can be concluded that wordwall media is an interactive and effevtive learning media used to improve student learning outcomes in science subjects on the material of the human visual sensory system in class V of SD Negeri 9 Jambu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133
Aisyah, E., RoyhanunSiregar, M. T., & Nurzanna. (2024). Penerapan Mode Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i2.1825
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Catur, P., & Prayito, M. (2023). Analisi Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPAS Di Kelas 4 SD N Panggung Lor. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104
Anshari, M. I., Nasution, R., Irsyad, M., Alifa, A. Z., & Zuhriyah, I. A. (2024). Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran PAI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 964–975. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5931
Aprilia, D. P., Tryanasari, D., & Kartikasari, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Game Edukasi Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS Di SDN Karangtengah 4 Ngawi. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Aurillia, Z. R., & Mustika, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Indonesia Research Journal on Education, 4(4), 1246–1252.
Fadilah, N., & Kuswandi, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 56–66. https://doi.org/: https://doi.org/10.38048/jipcb.v12i1.4701
Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594
Khasanah, T., & Prayito, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Keberagaman Budaya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 183–192.
Kusuma, A., Herpratiwi, & Mashari, A. (2024). Pengaruh Game Edukasi Wordwall pada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Galih Lunik. 10(1).
Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395–412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3
Meysandi, S. I., Zumrotun, E., & Widiyono, A. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD. Kappa Journal, 8(2), 225–229. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27265
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Nabila, M., Mislinawati, & Fitriani, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Sitem Tata Surya Kelas VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(10), 454–474.
Nirmala, M., Mega, A., & Timoteus, T. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 06(02), 12296–12301. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5074
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Septi Budi Sartika, D. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (M.Tanzil M). Sidoarjo: UMSIDA Press. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Siti, A., Panjaitan, Charolyna, F., Syahrial, Z., & Noviyant, S. (2022). Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 244–246. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4297
Sukma, R. O., Arafat, Y., & Heldayani, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2830–2837. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8167
Syachruroji. A, Nur, A. M., Nita, A., Restiyana, R., & Nur, R. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas 3 Muatan Pelajaran IPA di SDN Kebaharan 2. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 13–21.
Syahyadi, D., Fajariyanto, S. D., & Ash-shiddiqy, A. R. (2024). Penggunaan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar : Literatur Review. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education (JCIEE), 2(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jciee.v2i1.8207
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Wajdi, F., Seplyana, D., & Juliastuti. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Media Utama. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_KUANTITATIF/YOhOEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teknik+pengambilan+sampling+jenuh+kuantitatif&pg=PA90&printsec=frontcover
Widiyono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.99
Windi Anisa, F., Ainun Fusilat, L., & Tiara Anggraini, I. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Refbacks
- There are currently no refbacks.