Pengembangkan Modul Projek Pembuatan Telur Asin Aneka Rasa Berorientasi Entrepreneurship untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Menengah Atas

Dian Ayu Pertiwi, Rayandra Asyhar, Revis Asra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengetahui penialaian dari pengguna modul projek pembuatan telur asin aneka rasa berorientasi entrepreneurship untuk penguatan profil pelajar pancasila siswa Sekolah Menangah Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation). Peneliti memilih model ADDIE ini karena model tersebut merupakan model pembelajaran yang bersifat umum dan strukturnya lebih sistematis dan langkah-langkahnya dapat dengan mudah dipahami oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahan analisis dilakukan analisis kebutuhan terhadap kurikulum yang di pakai disekolah dan analisis kebutuhan guru serta siswa melalui observasi awal dengan wawancara kepada guru dan menyebarkan angket kebutuhan siswa kepada peserta didik. Dari hasil wawancara tersebut bahwa pelunya pengembangan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai sumber belajar pada kurikulum merdeka ini, guna untuk memenuhi kebutuhan proses pembelajaran dan agar dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemudahan peserta didik untuk belajar salah satunya dengan modul. Hasil yang didapat pada penelitian yaitu dilakukan uji coba satu-satu dan uji coba kelompok untuk melihat respon siswa terhadap modul yang telah dikembangkan. Selanjutnya yaitu uji efektifitas modul pada uji coba kelompok besar atau uji lapangan menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase 86,69%. Kemuadian dilanjutkan dengan ujicoba satu-satu dan ujicoba kelompok kecil, maka secara keseluruhan dapat disimpulkan produk yang dikembangkan dinyataka layak untuk digunakan dengan memperoleh penilaian sangat baik.

This study aims to develop, test the feasibility, and determine the assessment of users of the project module for making salted eggs with various flavors oriented towards entrepreneurship to strengthen the profile of Pancasila students in Senior High Schools. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE Model (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation). The researcher chose this ADDIE model because this model is a general learning model and its structure is more systematic and its steps can be easily understood by the researcher. The results of the study showed that in the analysis stage, a needs analysis was carried out on the curriculum used in schools and an analysis of the needs of teachers and students through initial observations by interviewing teachers and distributing student needs questionnaires to students. From the results of the interview, it was found that there was a need to develop a project module to strengthen the profile of Pancasila students as a learning resource in this independent curriculum, in order to meet the needs of the learning process and to be able to improve students' knowledge, skills and ease of learning, one of which was with the module. The results obtained in the study were one-on-one trials and group trials to see students' responses to the modules that had been developed. Next is the effectiveness test of the module in large group trials or field trials showing very good results with a percentage of 86.69%. Then continued with one-on-one trials and small group trials, then overall it can be concluded that the developed product is declared feasible to use by obtaining a very good assessment.

Keywords

modul proyek; telur asin; entrepreneurship; proyek penguatan profil pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References

Asyhar, R. (2025). PRAKTIS PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING DI PERGURUAN TINGGI. Pena Persada.

Indriyani, R. (2017). Pengaruh Entrepreneurship Education Terhadap Entrepreneurial Intention Melalui Entrepreneurial Motivation Sebagai Mediasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 26.

Kemendikbud. (2017). Tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. https://doi.org/10.31850/jgt.v10i2.790

Kemendikbudristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Rama, A., Ganefri, G., & Yulastri, A. (2022). Konsep Entrepreneur Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 87–92

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.

Suma, K., Pujani, N. M., & Yunithasari, N. P. M. (2022). Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proceeding Senadimas Undiksha, 1287–1298.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.