Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA N 1 Bobotsari Tahun Ajaran 2019/2020

Nurlaila Sahara Worabay, Lina Mahardiani, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas butir soal dilihat dari kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, (2) kualitas butir soal dilihat dari penyebaran soal, (3) kualitas butir soal dilihat dari validitas, (4) kualitas butir soal dilihat dari reliabilitas soal, (5) kualitas butir soal dilihat dari daya beda soal, (6) kualitas butir soal dilihat dari tingkat kesukaran, dan (7) kualitas butir soal dilihat dari efektivitas distraktor. Metode dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan program ITEMAN. Sampel penelitian ini meliputi 176 siswa kelas X IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas soal dilihat dari kesesuaian dengan kurikulum 30 soal (100%) sesuai. (2) Kualitas soal dilihat dari penyebaran soal diketahui penyebaran tidak merata dengan perbandingan 5:4:1. (3) Kualitas soal dilihat dari validitas menunjukkan 26 soal (86,7%) valid. (4) Kualitas soal dilihat dari reliabilitas memperoleh hasil sebesar 0,234 atau tidak reliabel. (5) Kualitas soal dilihat dari daya beda menunjukkan 90% soal telah cukup baik. (6) Kualitas soal dilihat dari tingkat kesukaran diketahui ada 13,3% mudah, 3,3% sedang dan 83,4% sukar. (7) kualitas soal dilihat dari efektivitas distraktor 96,6% baik. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat 24 soal baik, 4 soal revisi dan 2 soal ditolak.

 

 

Keywords

analisis butir soal; validitas; reliabilitas; ujian akhir semester

Full Text:

PDF

References

[1] Yonelia, V., & Haryati, S. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2013 / 2014 Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA PGRI. Journal Online Mahasiswa Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–15.

[2] Muh. Nurung. (2008). Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Nasional (UASBN) IPA SD Tahun Pelajaran 2007/2008 di Kota Kendari. PPS UNY, 49(95), 980.

[3] Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

[4] Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

[5] Permono, E., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas 4 SD N 1 Wonodoyo. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 257.

[6] Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

[7] Sulistiawan, C. H. (2016). Kualitas Soal Ujian Sekolah Matematika Program IPA dan Kontribusinya Terhadap Hasil Ujian Nasional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 1–10.

[8] Marthunis, M., & Khaldun, I. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Menggunakan Program Proanaltes. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 1(4), 70–78.

[9] Mahdiansyah, M. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Enam Kota). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 48–63.

[10] Bloom, B. S., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain.

[11] Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru.

[12] Sudjana, N. (2012). Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algensindo.

[13] Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24, tahun 2016, tentang KI dan KD kurikulum 2013.

[14] Sakinah, P., & Soleman Ritonga, P. (2016). Analisis Butir Ujian Semester Mata Pelajaran Kimia Kelas X Madrasah Aliyah di Kecamatan Pasir Penyu : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 1(1), 129–137.

[15] Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.