Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Berbasis Project Based Learning pada Materi Asam Basa terhadap Minat Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Kesehatan Donohudan Boyolali

Puput Lestari, Bakti Mulyani, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berbasis project based learning pada materi asam basa terhadap minat kewirausahaan siswa kelas X SMK Kesehatan Donohudan Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Donohudan Boyolali, kelas X-Keperawatan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-Farmasi sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji n-gain score untuk mengetahui besarnya pengaruh perlakuan. Dari penelitian, diketahui bahwa minat wirausaha siswa pada kelas eksperimen setelah perlakuan tergolong tinggi dan mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase sebesar 77,03% dan rata-rata skor minat wirausaha siswa pada kelas kontrol setelah perlakuan adalah sebesar 72,98%. Hasil analisis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05 berarti bahwa ada perbedaan minat wirausaha yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan diperoleh nilai n-gain score sebesar 0,085 atau 8,53%, berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SETS dan berbasis PjBL memberikan pengaruh dalam meningkatkan minat wirausaha siswa sebesar 8,53%, peningkatan ini tergolong dalam rendah.

Keywords

pendekatan SETS; PjBL; Minat Wirausaha

Full Text:

PDF

References

[1] Badan Pusat statistik Indonesia, 2021, Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2019-2021, https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

[2] Keenan, Charles W. dkk.,1984, Ilmu Kimia untuk Universitas Jilid 1, Ed. Ke 6, Terj. Aloysius Hadyana Pudjaatmaka, Jakarta : Erlangga.

[3] Hairida, H, 2017, Using Learning Science, Environment, Technology and Society (SETS) Local Wisdom and based Colloids Teaching Material, Journal of Education, Teaching and Learning, 2(1), 143-148.

[4] Agustini, Ferina, 2007, Peningkatan Motivasi Belajar dan Minat Berwirausaha Siswa Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP). Tesis, Semarang : Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang.

[5] Mursalin, Enggal, 2015, Pengem-bangan Bahan Ajar Bervisi SETS (Science, Environment, Technology and Society) Dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemo-entrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon Dan Minyak Bumi, Edisi Khusus, 22 (2).

[6] Asnawati., Hairida., Melati, Husna Amalia, 2017, Pengaruh Pendekatan SETS Berbasis Kearifan Lokal terhadap Minat Berwirausaha dalam Materi Koloid Pada Siswa, Pontianak : Universitas Tanjungpura.

[7] Karli, H, 2012, Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Jiwa
Kewirausahaan, Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.