Implementasi Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Magelang

Helda Viniasari, Endang Susilowati, Bakti Mulyani

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan peserta didik yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yakni kemampuan berpikir kritis, kreatif, logis, metakognitif, dan inovatif. Dalam menghadapi segala tantangan abad 21, peserta didik dituntut mampu memecahkan masalah, membuat keputusan, memiliki karakter yang baik, serta memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, sehingga seluruh jenjang pendidikan perlu dibekali HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian HOTS dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Magelang dan mendeskripsikan pemahaman guru terhadap penilaian HOTS dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket, studi dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah tiga guru kimia di SMA Negeri 1 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah triangulasi data. Analisis data kualitatif yang dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman dan untuk analisis instrumen dengan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman guru terhadap penilaian HOTS cukup tinggi dibuktikan dari hasil instrumen angket tingkat pemahaman guru kimia terhadap penilaian HOTS dengan hasil persentase angket masing – masing guru adalah 70% dengan kategori cukup tinggi. Selain itu, untuk implementasinya belum maksimal dibuktikan dari analisis studi dokumentasi dimana soal yang dibuat oleh guru belum sepenuhnya berkategori HOTS dan beberapa kendala yang disampaikan dalam wawancara antara lain kurangnya literasi dari guru, kurangnya sosialisasi dan pelatihan kepada guru mengenai soal HOTS yang baik dan benar, kurangnya guru dalam mencoba membuat soal HOTS, serta kurangnya motivasi dan semangat dalam membuat soal HOTS karena pengaruh dari siswa yang kurang antusias dalam mengerjakan soal uraian berkategori HOTS.

Keywords

implementasi; penilaian HOTS; pembelajaran kimia; pemahaman guru

Full Text:

PDF

References

[1] Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa, III (1).

[2] Merta, I. W., Lestari, N., & Setiadi, D. (2019). Teknik Penyusunan Instrumen Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru -Guru SMP Rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48–53.

[3] Bialik, M., Bogan, M., Fadel, C., & Horvathova, M. (2015). Education for the 21st century: What should students learn? Center for Curriculum Redesign, 3 (4), 415–420.

[4] Miri, B., David, B. C., & Uri, Z. (2007). Purposely teaching for the promotion of higher-order thinking skills: A case of critical thinking. Research in Science Education, 37 (4), 353–369.

[5] Ernawati, L. (2017). Pengembangan High Order Thinking Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking dalam Pendidikan Agama Islam. Prosiding (hal. 189-201). Lamongan : Universitas Islam Darul ‘Ulum.

[6] Heong, Y. M., Yunos, J. B., Hassan, R. B., Othman, W. B., & Kiong, T. T. (2011). The perception of the level of higher order thinking skills among technical educational students. International Conference on Social Science and Humanity IPEDR, Vol.5 Singapore: IACSIT Press [V 2-281-285].

[7] Rahman, A., Ofianto, & Yetferson, R. B. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Penelitian Aktual Dan Kajian Analisis Reformasi Pendidikan, 17(1), 47–59.

[8] Lewy. (2009). Pengembagan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28.

[9] Taubah, M. (2019). Penilaian HOTS dan Penerapannya di SD/MI. Jurnal Elementary, 7(2), 197–214.

[10] Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2017.

[11] Kemdikbud. (2018). Panduan Penilaian HOTS. Jakarta : Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.