Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Model Project Based Learning pada Materi Redoks Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA N 1 Ngemplak Boyolali
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 1 SMA N 1 Ngemplak Boyolali Tahun ajaran 2020/2021 pada pembelajaran daring melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam materi redoks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, serta tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan subjek kelas X MIPA 1 SMA N 1 Ngemplak Boyolali Tahun ajaran 2020/2021. Sumber data merupakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa : (1) Implementasi pembelajaran daring berbasis model Project Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ketercapaian kemampuan berpikir kritis hasil pelaksanaan tindakan secara keseluruhan pada siklus I tercapai 74,29% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 82,85% persentase ketuntasan. (2) Implementasi pembelajaran daring berbasis model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penilaian aspek pengetahuan saat siklus I mencapai ketuntasan sebesar 42,85% dan mengalami peningkatan saat siklus II mencapai 77,14% persentase ketuntasan. Pada aspek sikap siklus I dihasilkan pencapaian ketuntasan sebesar 62,85% lalu menjadi 80,00% pada siklus II. Pada aspek keterampilan diperoleh pencapaian ketuntasan saat siklus I yaitu 77,15% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,85%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online is education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101–105.
[2] Sudirman, E. W., Danial, M., & Syahrir, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Chemistry Education Review, 3(1), 67–77.
[3] Ratna Hidayah, Moh. Salimi, T. S. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. 3(02), 346–365.
[4] Juniar, A., Siregar, J., Silalahi, A., Suyanti, R. D., & Mistryanto, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Berorientasi PBL (Problem Based Learning). Talenta Conference Series: Science and Technology, 2(1),259–263. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.354
[5] Yulis, A., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru. 4(1), 127–142.
[6] Hopkins, D. (2008). Teacher’S Guide To Classroom Research. Journal of In-Service Education, 29(3), 537–556. https://doi.org/10.1080/13674580300200452
[7] Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. In Action Research. Victoria: Deakin University Press.
[8] Hasbie, M., & Istyadji, M. (2018). Penerapan Model Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Pembelajaran Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 2(2), 50–56.
Refbacks
- There are currently no refbacks.