Hubungan Kemampuan Berpikir Analisis dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa Selama Pandemic Covid-19 Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cilacap

Wardah Amalia, Budi Utami, Lina Mahardiani

Abstract

Dari penelitian ini tujuannya mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan dari (1) kemampuan berpikir analisis dengan prestasi belajar, (2) motivasi berprestasi dengan prestasi belajar, serta (3) ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berpikir analisis dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kepada materi asam basa pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Cilacap. Metode penelitian yang dipakai yaitu meotde deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Cilacap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampelnya random sampling dipilih duaa kelas ialah kelas XI MIPA 7 dan 8 sebagai kelas sampel, dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas uji coba instrumens. Data penelitian diperoleh melalui tes pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian memperlihatkan (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berpikir analisis dengan prestasi belajar yang terbukti dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,548; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar yang terbukti dengan koefisien korelasi sebesar 0,711; dan (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berpikir analisis dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar yang terbukti dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,738 dengan persamaan regresi Y = - 24,889 + 0,297 X1 + 1,134 X2 dan nilai koefisien determinasi 0,545 atau 54,5%.

Keywords

kemampuan berpikir analisis; motivasi berprestasi; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

[1] Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., and Caspari, A.K., 2012, Guided Inquiry Design : a framework fo inquiry in your school, ebook: www.abc.clio.com. California.

[2] Aji, R. S., 2020, Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran, Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol. 7 (5), Hlm. 395.

[3] Putro, S. T., Widyastuti, M., Hastuti, 2020, Problematika pembelajaran di era pandemi covid-19 studi kasus: Indonesia,Filipina, Nigeria, Ethiopia, Finlandia, dan Jerman, Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, Vol. 18 No. 2 Tahun 2020.

[4] Salsabila, U.H., Habibah, M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D., 2020, Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.2 No.2 Desember 2020, Hal 1-13.

[5] Florida, R., Mellander, C., & King, K., 2015, The Global Creativity Index 2015, Martin Prosperity Institute, 68.

[6] Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N.D.S., 2014, Soal Matematika dakam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 1(1), 244-251.

[7] Brookhart, S.M., 2010, How to Assess Higher Order Thinking Skill in Your Classroom, Alexandria, Virginia: ASCD.

[8] In, A., Sitthipon., 2012, Soc. Behav. Sci.46. 3339-3344.

[9] Laksono, Endang W., 2017, Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Analitis dan Ketrampilan Proses Sains Kimia, Jurnal Kependidikan 1(1), 100-110.

[10] Chijioke, U. C., & Offiah, P. F.,2013, c, International Journal of Engineering Science Invention, 2(7), 44-57.

[11] Ly, P., Degeng, I. N. S., & Setyosari, P., 2016, Relationship between Achievement Motivation and Learning Outcomes on Land Law Course vy Student of PPKN Nusa Cendana University, 699–705.

[12] Ramayulis,2004, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

[13] Mannik Aji, S., 2013, Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Under Graduate Tesis, Universitas Negeri Semarang.

[14] Nugraheni, A. R., Es, W. A., & Yamtinah, S., 2020, Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Kelas Xi Mipa Sma Negeri 4 Surakarta, 9(2), 148–154.

[15] Cholifah, E. N. U., Yamtinah, S., & Susanti VH, E., 2019, Hubungan Kemampuan Analisis dan Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 179, https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.25340.

[16] Idris, M., 2016, Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Kelas XI SMA Nusantara Bandar Lampng Tahun Pelajaran 2015/2016, Universitas Lampung.

[17] Mannik Aji, S., 2013, Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Under Graduate Tesis, Universitas Negeri Semarang

[18] Ilam Achmad, R., Mujasam, & Wahyu Widyaningsih, S., 2010, Hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika, 03, 177–187.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.