Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi Siswa Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021

Khamilatun Fadilah, Maria Ulfa, Budi Utami

Abstract

Penelitian mempunyai tujuan guna melihat : (1) korelasi antara self-efficacy dengan hasil belajar; (2) korelasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar; serta (3) korelasi antara self-efficacy dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2020/2021 pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi. Pendekatan yang digunakan yakni korelasional. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data melalui pengisian angket dan soal obyektif dengan menggunaakan analisis korelasi guna melihat bagaimana hubungan antar dua variabel serta regresi ganda guna melihat pengaruh beberapa variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil yang diperoleh menunjukkan : (1) adanya korelasi positif dan signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar siswa yang berarti self-efficacy mampu meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh koefisien korelasi  0,778; (2) adanya korelasi positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa yang berarti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh koefisien korelasi 0,805; serta (3) adanya korelasi positif dan signifikan antara self-efficacy dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa, diperoleh koefisien korelasi 0,837. Hasil uji regresi ganda yang diperoleh yaitu Y = 4,534 + 0,081 X1 + 0,097 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 0,700 atau 70,0%.

Keywords

self-efficacy; kemandirian belajar; hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References

[1] Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156-162.

[2] Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

[3] Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

[4] Schunk, D. H., & Pajares, F. (2009). Self-efficacy theory. Handbook of motivation at school, 35-53.

[5] Yuliana, W., & Winarso, W. (2019). Penilaian Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perspektif Gender. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 41-60.

[6] H., & Erlina, E. (2013). Korelasi antara Self-efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

[7] Alminingtias, F. M. N., Soro, S., & Handayani, I. (2018). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di MAN 7 Jakarta. Prosiding SENAMKU, 1, 365-371.

[8] Egok, A. S. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-199.

[9] Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).

[10] Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14(1).

[11] Tahar, I. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.

[12] Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1).

[13] Suseno, M. N. M. (2009). Pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri sebagai pelatih pada mahasiswa. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 1(1), 93-106.

[14] Hapnita, W. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).

[15] Kartika, D., & Hairida, E. (2010). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kemamdirian Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Ganesha, 2(4), 1-2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.