Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Kimia Kelas XI Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Sragen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. pada penelitian ini menganalisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara serta dianalisis menggunakan program Iteman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2019/2020 belum berkualitas baik. (1) Validitas soal menunjukkan bahwa soal yang dinyatakan valid berjumlah 24 butir soal (96%) dan soal yang dinyatakan tidak valid berjumlah 1 butir soal (4%) sehingga ditinjau dari segi validitas soal dikatakan baik. (2) Reliabilitas soal sebesar 0,756 dimana termasuk soal yang reliabel atau memiliki reliabilitas yang tinggi. (3) Daya beda soal menunjukkan bahwa soal memiliki daya beda yang berkualitas baik hal ini dapat dilihat dari 25 soal sebanyak 6 butir soal (24%) mempunyai daya beda kategori jelek, 6 butir soal (24%) mempunyai daya beda kategori sedang dan 13 butir soal (52%) mempunyai daya beda kategori baik. (4) tingkat kesukaran menunjukkan bahwa soal memiliki tingkat kesukaran yang tidak baik dimana terdapat sebanyak 16 butir soal (64%) dengan tingkat kesukaran soal kategori mudah, 8 butir soal (32%) dalam kategori sedang, dan 1 butir soal (4%) dalam kategori sukar. (5) Keefektifan pengecoh menunjukkan bahwa soal merupakan kategori cukup. Hal ini dapat diketahui hasil analisa dari 25 butir soal terdapat 5 butir soal (20%) dalam kategori tidak baik, 7 butir soal (28%) dalam kategori kurang baik, 5 butir soal (20%) dalam kategori cukup, 4 butir soal (16%) dalam kategori baik dan 4 butir soal (16%) dalam kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Sudjana, A. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.
[2] Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.
[3] Oktanin, W., Sukirno. 2015. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1), 35-44.
[4] Astiti, K. A. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Andi Offset, Yogyakarta.
[5] Sudijono, A. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
[6] Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
[7] Kadir, Abdul. 2015. Jurnal Al-Ta'dib, 8(2),73-80 .
[8] Hadiana, D. 2015. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15-25.
[9] Ronald A. Berk, A. G. 2016. SAGE Journal, 2(3), 103-115.
[10] Syamsuddin. 2012. At-Tajdid, 2(2), 82-97.
[11] Suzana, A. 2017. Jurnal MathGram Matematika, 2(2), 1-8.
[12] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.