Analisis Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Tingkat Berpikir dan Dimensi Pengetahuan di SMAN 1 Kebumen Tahun 2019 dan 2020
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom Terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[2] Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
[3] Asi, N. B. 2018. Dimensi Pengetahuan dan Tingkat Berpikir Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Ilmiah Kanderng Tingang, 9(2): 103-113
[4] Azar, A. 2005. Analysis of Turkish High-School Physics-Examination Questions and University Entrance Exams Questions According to Bloom's Taxonomy. Journal of Turkish Science Education, 2(2): 144-150.
[5] Budiman, A., & Jailani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 139-151
[6] Dempster, E. R. 2012. Comparison of Exit-Level Examinations in Four African Countries. Journal Social Science, Vol 33 No 1.p.55-70
[7] Hasanah, Uswatun. 2019. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Keseimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Thesis. Universitas Negeri Malang
[8] Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, & Suyatna A. 2017. The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7: 26-32.
[9] Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. 2015. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal UN Kimia Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia Vol. XI No.1.
[10] Lan, Wei-Hua., & Chern, Chiou-Lan. 2010. Using Revised Bloom's Taxonomy to Analyze Reading Comprehension Questions on the SAET and the DRET. 18(3): 165-206
[11] Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
[12] Nahadi. 2014. Analisis Dimensi Pengetahuan dan Jenjang Kognitif Soal Kimia Cambridge International Examination (CIE) serta Relevansinya Terhadap Soal UN di Indonesia. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia
[13] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
[14] Rahmawati. 2015. “Balitbang: Menggali Lebih dalam Kelemahan Siswa Indonesia Berdasarkan Hasil Analisis TIMSS 2015”. https://puspendik.kemendikbud.go.id/seminar/upload/Seminar%20Siswa%20Indonesia.pdf. Diakses Tanggal 12 Juni 2020
[15] Sari, S. M. 2020. Analisis Kesesuaian Instrumen Penilaian Akhir Tahun (PAT) Biologi SMA Dengan Kompetensi Dasar Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
[16] Satrisman, Adi. 2013. Analisis Soal Ujian Nasional Kimia SMA Tahun 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom Dua Dimensi. Skripsi. Bandung: UPI
[17] Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[18] Sukardi, H. 2009. Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
[19] Sunggarani, T., Nursa’adah, E., Yunita. 2014. Analisis Soal-Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA Bidang Kimia Tahun 2012 dan 2013 Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan. Jurnal Pijar MIPA, Vol IX No.2, September: 78-83
[20] Widana, I. W. 2013. Modul Penulisan Soal HOTS untuk Ujian Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
[21] Yunita. 2017. Analisis Soal International Junior Olympiade (IJSO) Sains (Kimia) Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Pengetahuan. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) Vol.2, No.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.