Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman dan Rasch

Laksmi Purniasari, Mohammad Masykuri, Sri Retno Dwi Ariani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan Analisis butir soal berdasarkan teori tes modern yaitu model Rasch dengan bantuan program Winsteps serta teori tes klasik dengan program Iteman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi, yaitu 35 butir soal pilihan ganda dengan 159 responden. Hasil analisis menggunakan teori tes klasik menggunakan program Iteman ditinjau dari validitasnya, soal terdiri dari 80% sudah valid dan 20% tidak valid. Reliabilitas butir soal lemah dengan koefisien alpha 0,662. Penyebaran tingkat kesukaran soal belum sesuai dengan aturan pembuatan soal. Daya beda soal sudah baik serta belum berfungsinya pengecoh. Hasil analisis berdasarkan teori respon butir yaitu permodelan Rasch ditinjau dari validitas, soal terdiri dari 97,14% sudah valid dan 2,86% tidak valid. Reliabilitas butir soal cukup dengan koefisien alpha 0,64. Penyebaran tingkat kesukaran soal belum sesuai dengan aturan pembuatan soal. Daya beda soal sudah baik serta sudah berfungsinya pengecoh.

Keywords

analisis butir soal; Rasch model; teori respon butir; Iteman; teori klasik

Full Text:

PDF

References

[1] Djaali, & Pudji, 2008, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: PT Grasindo.

[2] Wahyuni, K. M., 2014, Analisis Kemampuan Peserta Didik dengan Model Rasch. Jurnal Indonesia,121–128. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

[3] Silalahi, T., 2020, Evaluasi Pembelajaran, Medan: Yayasan Kita Menulis.

[4] Alagumalai, S., Curtis, D.D. and Hungi, N.,2015, Applied Rasch Measurement: book of exemplars, Springer: papers in honour of John P. Keeves. Dordrec.

[5] Umar, H., 2005, Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[6] Purwanto, 2014, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

[7] Fan, X.,1998, Item Response Theory and Classical Test Theory: An Empirical Comparison of their Item/Person Statistics, Educational and Psychological Measurement 1, 58,357–381. https://doi.org/10.1177/0013164498058003001

[8] Yang, F. M., & Kao, S. T, 2014, Item Response Theory For Measurement Validity. Shanghai Archives of Psychiatry, 26(3), 171–177. https://doi.org/10.3969/j.issn.1002-0829.2014.03

[9] Harmuni, L., 2019, Instrumen Penilaian dan Validasinya, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

[10] Widodo, 2010, Analisis Butir Soal Tes. Jurnal Pendidikan Penabur,14, 58-59.

[11] Amalia, A.N. & Widayati, A., 2012, Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10 (1), 3-4.

[12] Suryawati & Yulfikar, 2012, Kualitas Tes Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal peluang. 1 (1), 72-73.

[13] Hardi, S. Waskito, S., Yusliana, E., 2013, Analisis Instrumen Tes Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA Wilayah Surakarta. Prosiding seminar nasional fisika dan pendidikan fisika: Surakarta 14 September 2013, Hal 166.

[14] Mutholib, Abdul, 2013, Analisis Butir Soal Bahasa Arab Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2012/2013. Arabia. 5 (2), 143.

[15] Maeni, L & Oktova, R., 2015, Analisis Butir Soal Fisika Ulangan Umum Kenaikan Kelas X Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Berkala fisika Indonesia, 7 (1), 5-6.

[16] Hermawan, I., 2019, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Methode, Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

[17] Sumintono, B., 2015, Aplikasi Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan: Implementasi Penilaian Formatif (assessment for learning, Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

[18] Sudijono, A., 2012, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

[19] Freidenberg, L, 1995, Psychological Testing: Design, Analysis, and Use, Massachusetts: Allyn & Bacon.

[20] Sakinah, P.,2017, Analisis Butir Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Kimia Kelas X, Jurnal Pendidikan Kimia DanTerapan,1.

[21] Arikunto, S., 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.