Model Guided Discovery Learning Dilengkapi Handout untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri

Tri Widowati, Bakti Mulyani, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri dengan menerapkan model guided discovery learning dilengkapi dengan handout. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Satu siklus terbagi menjadi 4 tahap antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian yang bertindak sebagai subjek adalah siswa kelas X MIPA SMA di Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes, dan angket, dengan teknik analisis adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) presentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis kategori tinggi prasiklus 20%, pada siklus I 43,33%, dan meningkat pada siklus II 86,67%. (2) presentase ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I 50% meningkat pada siklus II 83,33%, Presentase ketuntasan aspek sikap siklus I 83,33% meningkat padai siklus II 100%, Presentase ketuntasan aspek ketrampilan pada siklus I 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; guided discovery learning; kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar; stoikiometrI

Full Text:

PDF

References

[1] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta

[2] Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

[3] Susanti, E., Yurnetti & Ramli, E. (2015). Pillar of Physics Education, 5. 57-64.

[4] Indrayani, P. 2013, Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109–120.

[5] Sirhan, G.,200,Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2–20.

[6] Mulyasa, E., 2014, Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Remaja Rosdakarya.

[7] Swaak, J., De Jong, T., and Van Joolingen, W. R. 2004. J. Comput. Assist. Learn., vol. 20, no. 4, pp. 225–234.

[8] Yamin, M., 2008, Paradigma Pendidikan Kontruktivistik, Jakarta, Gaung Persada Press.

[9] Harsanto, R, 2005, Melatih Anak Berpikir Analistis, Kritis, dan Kreatif, Jakarta, Gramedia Widiasarana Indonesia.

[10] Nugraheni, D., Mulyani, S., dan Ariani, Sri R.D., 2013, Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 34–41.

[11] Sutama, 2010, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Surakarta, Fairuz Media.

[12] Ismono, P.,W. (2012). Pengembangan Handout Kimia Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk SMA Kelas X. Yogjakarta, UIN SUKA.

[13] Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung, Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.