Penerapan Model Problem Solving Dengan Strategi Algoritmik untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Devi Wahyu Puspitasari, Ashadi Ashadi, Endang Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model Problem Solving dengan strategi algoritmik.  Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap ditiap siklusnya antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penellitian ini dilaksanakan dalam  2 siklus.  Pada penelitian ini yang bertindak sebagai subjek adalah siswa kelas XI MIPA 3  SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes angket. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada siklus I diperoleh persentase sebesar 54,84%, dan pada sikus II meningkat menjadi 77,42%,. (2) presentase ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I 51,61% meningkat pada siklus II 77,42%, Presentase ketuntasan aspek sikap pada siklus I 83,9% meningkat pada siklus II 90,32%, Presentase ketuntasan aspek keterampilan pada siklus I 100%.

Keywords

problem solving; strategi algoritmik; prestasi belajar; kemampuan analisis; kelarutan dan hasil kali kelarutan

Full Text:

PDF

References

[1] Haryati, M., 2007, Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Penddikan, Jakarta, Gaung Persada Press .

[2] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

[3] Chittleborough, G dan D, Treagust. 2007. The Modeling Ability of Non-Major Chemistry Student and Their Understanding of The Sub-microscopic Level.the Royal Society of Chemistry. 8, (3)

[4] Art-in, S. 2014. The Development of Teacher Training Curiculum on Learning Management to Develop Student’ Analytical Thinking in Thailand. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116 (2014), 939-946.

[5] Omrord, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan I. Jakarta: Erlangga.

[6] Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Stanndar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta

[7] Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung, Alfabeta.

[8] Meolong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya Offset

[9] Wahyuni, T. N., 2017, Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 154-160.

[10] Ikhwanuddin., Jaedun, A., dan Purwantoro, D., 2010. Jurnal Kependidikan.40(2), 215-230.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.