Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebagai Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar

Kurnia Nur Rochman, Budi Utami, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penilitian dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa pada materi laju reaksi dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Proses pengumpulan data bersumber dari guru dan siswa yang dilakukan melalui metode wawancara, dokumen, observasi, angket penilaian diri dan tes. Analisis yang digunakan pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe NHT terbukti meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya siswa kelas XI MIA 5 pada pembelajaran materi laju reaksi. Hasil ketercapaian aspek sikap siklus I yang semula 91,67% mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus II. Ketercapaian ketuntasan aspek pengetahuan siklus I yaitu 52,8% meningkat pada siklus II menjadi 80,56%. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 100% dilaksanakan satu siklus, Hasil ketercapaian rasa percaya diri yang semula 66,67% mengalami peningkatan menjadi 80,56%.

Keywords

numbered head together (NHT); percaya diri; prestasi belajar; laju reaksi

Full Text:

PDF

References

[1] Dharma, Ketut F.M. 2013. Jurnal llmiah Bimbingan KonseIing. 1 (1).

[2] Hidanurhayati, Mangara Sihaloho, Akram La Kilo. 2018. Jambura Journal of Educational Chemistry. 13 (2). 223 - 240.

[3] Susanna, J. 2012. Journal of Primary Educional. 1 (2). 71 - 77.

[4] Putri, Diah Purwaning. 2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4 (6). 596 - 607.

[5] Lundgren, L. 1994. Cooperative Learning in the Science Classroom. New York: Glencoe Macmillan/Mc Graw Hill.

[6] Arends, R. I. 2001. Learning to teach. Fifth Edition. New Yrk : Me Graw-Hill.

[7] Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

[8] Kusuma, Ersanghono. 2008. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2 (1). 216 - 223.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.