Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA MTA Surakarta

Fitri Nadziroh, Lina Mahardiani, Bakti Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada atau tidak adanya miskonsepsi siswa SMA kelas XI SMA MTA Surakarta pada materi larutan penyangga menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI); dan (2) subkonsep yang menjadi miskonsepsi terbanyak yang dialami siswa SMA kelas XI SMA MTA Surakarta pada materi larutan penyangga menggunakan metode CRI. Sampel yang terpilih adalah kelas XI MIPA 1 dan MIPA 5 dengan jumlah siswa 65 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus dalam arti penelitian difokuskan pada fenomena miskonsepsi larutan penyangga. Penelitian ini menghasilkan deskripsi tentang fenomena miskonsepsi larutan penyangga yang terjadi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, siswa kelas XI MIPA SMA MTA Surakarta mengalami miskonsepsi pada materi larutan penyangga dengan kategori sedang (35,07%) dimana terjadi pada setiap subkonsep materi. Kedua, miskonsepsi yang paling banyak dialami oleh siswa kelas XI MIPA SMA MTA Surakarta ada pada subkonsep perancangan percobaan untuk membuat larutan penyangga dengan pH tertentu (52,31%). Siswa menganggap bahwa campuran 100 mL NH4OH 0,1 M dan 50 mL H2SO4 0,1 M dapat membentuk larutan penyangga basa pada percobaan karena campuran tersebut mempunyai komponen basa lemah dan asam kuat sehingga dapat mempertahankan pH.

Keywords

miskonsepsi; Certainty of Response Index (CRI); larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

[1] Sarifah, N.A., Ngadimin, & Abdul, H. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) pada Materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2 (2), 272 – 276.

[2] Sudarmo, U. (2006). Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

[3] Orgill, M.K., & Sutherland. (2008). Undergraduate Chemistry Students’ Perception of Misconceptions About Buffers and Buffer Problems. Chemistry Education Research and Practice, 9, 131 - 141.

[4] Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.

[5] Kaltakci, D., & Nilufer D. (2007). Identification of Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions on Gravity Concept: A Study with a 3-Tier Misconception Test. AIP Conference Proceedings, 899, 499.

[6] Nursiwin, Harida, & Harun. (2014). Menggali Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Perhitungan Kimia Menggunakan Certainty of Response Index. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1), 11 - 21.

[7] Tayubi, Yuyu R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Indeks (CRI). Jurnal Mimbar Pendidikan, 24. Available at http://file.upi.edu.

[8] Listiani, H. (2017). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik SMA Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Dunia Hewan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

[9] McMurry, J.E & Fay, R.C. (2012). Chemistry 4th Edition. New York: Prentice Hall.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.