Analisis Kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kimia Kelas X Berdasarkan KTSP dengan Kurikulum 2013
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian Buku Sekolah Elektronik Kimia kelas X yang tersedia dengan kurikulum 2013 dilihat dari kompetensi dasar dan struktur materinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis konten. Teknik analisis data dilakukan dengan mencatat butir-butir materi pelajaran yang terdapat dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kimia BSE yang telah ditentukan, kemudian mencocokkannya dengan kompetensi dasar dan struktur materi pada Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi BSE yang diteliti dengan kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 adalah kategori “cukup sesuai” dengan skor 38. Sedangkan untuk struktur materi berdasarkan keberadaan materi mendapat skor 78,13% dan berdasarkan urutan materi mendapat skor 71,88%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Kemendikbud, 2016, Buku Sekolah Elektronik, [online], (http://pustekkom.kemdikbud.go.i, diakses pada tanggal 24 April 2019).
[2] Pemerintah Indonesia, 2015, Peraturan Pemerintah Nomor 13 tentang Standar Nasional Pendidikan, Sekretariat Negara, Jakarta.
[3] Arsyad, Azhar, 2013, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta, p. 87
[4] Sitepu, B.P., 2015, Penulisan Buku Teks Pelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, p. 20.
[5] Nasution, S, 2011, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta, p.231.
[6] Siagian, Beslina Afriani, 2016, Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3, pp. 77 – 87.
[7] Laksono, Pandu J., Ashadi, & Sulistyo Saputro, 2016, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016, pp. 389 – 394.
[8] Krippendorff, Klaus, 1991, Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, Rajawali Pers, Jakarta, p. 15.
[9] Lahir, Muhammad dan Zuldafrial, 2011, Penelitian Kualitatif, Yuma Pustaka, Surakarta, p. 160.
[10] Widoyoko, S. Eko Putro, 2012, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, p.110.
[11] Purwani, Ari, Dewi Rochsantiningsih, & Diah Kristina, 2017, Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158, pp. 88-100.
Refbacks
- There are currently no refbacks.