Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dilengkapi LKS Berukuran Kecil Berbasis Metode Latihan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Siswa

Sri Susilowati, Ashadi Ashadi, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  (1) kepercayaan diri dan (2) prestasi belajar siswa pada materi pokok konsep mol kelas X Keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi LKS berukuran kecil berbasis metode latihan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Keperawatan 1 di SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes aspek pengetahuan, non tes berupa observasi aspek sikap dan kepercayaan diri serta angket sikap dan kerpecayaan diri. Teknik non tes untuk ketrampilan dilakukan menggunakan teknik observasi, melalui tugas proyek dan juga tugas produk. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi buku saku berbasis metode latihan dapat meningkatkan kepercayaan diri pada materi pokok Konsep Mol siswa kelas X Keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Pesentase kepercayaan diri pada siklus I sebesar 5455% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,88% . (2) pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS berukuran kecil berbasis metode latihan dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi pokok Konsep Mol siswa kelas X Keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Persentase prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 45,45% meningkat menjadi 63,4% pada siklus II. Persentase prestasi belajar aspek sikap telah memenuhi target pada siklus I yaitu 100%. Sedangkan persentase prestasi belajar aspek ketrampilan juga telah memenuhi target pada siklus I sebesar 100%.

Keywords

TAI (Team Assisted Individualization), kepercayaan diri, prestasi belajar, konsep mol

Full Text:

PDF

References

[1] Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

[2] Purwanti, Effendi, D., & Mufidah, L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 117-125.

[3] Chasnawati, M. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Matematika untuk Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Islam. 1(2), 183-194.

[4] Abduhan, Mulyani, S., & Utami, B . 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berkombinasi Drill And Practice dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4), 71-79.

[5] Muawiyah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran STAD dengan Metode Drill And Practice dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Siswa Kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 6(1), 10-15.

[6] Eliana, D. & Solikhah. 2012. Pengaruh buku saku gizi terhadap tingkat pengetahuan gizi pada anak kelas 5 Muhammadiyah Dadapan desa Wonokerto kecamatan Turi kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal KESMAS UAD, 6 (2): 162-232.

[7] Azwar, S. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.