Implementasi Model Quantum Learning Berbantuan Chem-Block Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar (Materi Redoks Kelas X SMAN 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019)

Rofida Wijayanti, Suryadi Budi Utomo, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa kelas X SMAN 1 Ngemplak Boyolali pada materi redoks melalui model pembelajaran quantum berbantuan chem – block game (2) prestasi belajar pada materi redoks siswa kelas X SMAN 1 Ngemplak Boyolali pada materi redoks melalui model pembelajaran quantum berbantuan chem-block game. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini direncanakan dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implikasi model quantum learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018/2019 pada materi redoks. Ketercapaian kreativitas pada pra siklus sebesar 22 %, pada siklus I 64 % dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 81 %. (2) Implikasi model quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018/2019 pada materi redoks. Ketercapaian aspek pengetahuan sebesar 47 % pada siklus I meningkat menjadi 78 % pada siklus II. Aspek sikap dan keterampilan tercapai pada siklus I yaitu sebesar 100% ketercapaian pada aspek sikap dan 94% ketercapaian pada aspek keterampilan.

Keywords

quantum learning; chem-block game; kreativitas; prestasi belajar; reaksi redoks

Full Text:

PDF

References

Sagala, Syaiful (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Huda, Miftahul (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar

DePorter, Bobby, etc. (2007) Quantum teaching: mempraktikan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka diterjemahkan oleh Ary Nilandari.

Hallam, S. & Price, J. (1998). British Journal of Special Education, 25(2), 88-91

Anggraini, Hayati. 2015. Pengembangan Chem-Blocks Game Berbasis Chemo Edutaiment (CET) sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan Materi Redoks Siswa Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Munandar, U. (1985). Potensi Kreativitas Anak Berbakat. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Jurusan Psikologi Pendidikan

Liskasari, R., Suparmi, Karyanto. (2017). Assesmen Kreativitas Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Bumi. Surakarta: Seminar Nasional Pendidikan Sains

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Sujatmika, Hasanah, Hakim. (2018). International Conference on Science Education, 1006(1)

Sugiarto, D.H., Utomo, S.B & Saputro, A.N.C. (2017). Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1): 24-30

Nurlinarsih, A., Rochmiyati, Sugiman. (2018). Jurnal Pedagogi, 7(6)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.