Implementasi Model Quantum Learning Berbantuan Chem-Block Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar (Materi Redoks Kelas X SMAN 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019)

Rofida Wijayanti, Suryadi Budi Utomo, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa kelas X SMAN 1 Ngemplak Boyolali pada materi redoks melalui model pembelajaran quantum berbantuan chem – block game (2) prestasi belajar pada materi redoks siswa kelas X SMAN 1 Ngemplak Boyolali pada materi redoks melalui model pembelajaran quantum berbantuan chem-block game. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini direncanakan dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes demo, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implikasi model quantum learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018/2019 pada materi redoks. Ketercapaian kreativitas pada pra siklus sebesar 22 %, pada siklus I 64 % dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 81 %. (2) Implikasi model quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2018/2019 pada materi redoks. Ketercapaian aspek pengetahuan sebesar 47 % pada siklus I meningkat menjadi 78 % pada siklus II. Aspek sikap dan keterampilan tercapai pada siklus I yaitu sebesar 100% ketercapaian pada aspek sikap dan 94% ketercapaian pada aspek keterampilan.

Keywords

quantum learning; chem-block game; kreativitas; prestasi belajar; reaksi redoks

Full Text:

PDF

References

Sagala, Syaiful (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. [2] Huda, Miftahul (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar [3] DePorter, Bobby, etc. (2007) Quantum teaching: mempraktikan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka diterjemahkan oleh Ary Nilandari. [4] Hallam, S. & Price, J. (1998). British Journal of Special Education, 25(2), 88-91 [5] Anggraini, Hayati. 2015. Pengembangan Chem-Blocks Game Berbasis Chemo Edutaiment (CET) sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan Materi Redoks Siswa Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. https://norfolksar.org [6] Munandar, U. (1985). Potensi Kreativitas Anak Berbakat. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Jurusan Psikologi Pendidikan [7] Liskasari, R., Suparmi, Karyanto. (2017). Assesmen Kreativitas Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Bumi. Surakarta: Seminar Nasional Pendidikan Sains [8] Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet [9] Sujatmika, Hasanah, Hakim. (2018). International Conference on Science Education, 1006(1) [10] Sugiarto, D.H., Utomo, S.B & Saputro, A.N.C. (2017). Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1): 24-30 [11] Nurlinarsih, A., Rochmiyati, Sugiman. (2018). Jurnal Pedagogi, 7(6)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.