Upaya Peningkatan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Kartu Redoks pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019

Dennisa Hayuningtyas Wulandari, Endang Susilowati, Sri Yamtinah

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan interaksi sosial siswa dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan kartu redoks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dari setiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian berasal dari wawancara, observasi, dan tes dengan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan kartu redoks dapat meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi reaksi redoks. Interaksi sosial pada siklus I sebesar 70,59%, pada siklus II meningkat menjadi 88,24%. Prestasi belajar aspek sikap pada siklus I sebesar 55,88% meningkat pada siklus II menjadi 85,33%. Prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena sudah mencapai target ketuntasan, yaitu aspek sikap sebesar 88,2% dan aspek keterampilan sebesar 100%.

Keywords

guided inquiry; kartu redoks; interaksi sosial; prestasi belajar; reaksi redoks

Full Text:

PDF

References

Kurniasih, Imas. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Teori dan Praktek. Surabaya: Kata Pena

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sagala, Saiful. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Memantu memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syanas, K.L.N., dkk. (2016). Jurnal pendidikan kimia (JPK). vol. 5 No.1(16-21).

Muryati, Ira. (2017). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 01 No.04 (1-68)

Amanda, R.R., Suharto, B., & Mahdian. (2017). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol 8 No. 1(43-51)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke 17. Bandung: Alfabet

Refbacks

  • There are currently no refbacks.