Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta pada materi hidrokarbon dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memori siswa meningkat dari prasiklus sebesar 41% menjadi 52% pada siklus I dan 74% pada siklus II. Kemudian prestasi belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada siklus I ketuntasan belajar aspek kognitif sebesar 40,74% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dari target 60%. Persentase aspek afektif siklus I sebesar 92,59% dari target 70%, sedangkan aspek psikomotor pada siklus I sebesar 100% dari target 60%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, 2007, Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap Fenomena. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Rusman, 2012, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dat Tran V., 2014, International Journal of Higher Education, 3 (2), 131-140.
Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Menegah Atas.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Hartono, R., Utomo, S.B., Mulyani, S., 2015, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (1), 196-203.
Tilaar, A.L.F., 2014, International Journal of Science and Engineering Investigations, 3 (24), 25-29.
Uswatun, A.H., Ashadi, Yamtinah, S., 2016, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5 (2), 75-80.
Noor, Z.A., Mulyani, S., Masykuri, M., 2015, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (2), 130-136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.