Penerapan Model Teams Games Tournaments (TGT) Dilengkapi dengan Media Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMAN 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017

Putri Fitriana Rahmani, Sri Yamtinah, Bakti Mulyani, Paerah Paerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan memori dan (2) prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dengan bantuan Index Card Match pada materi koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes, sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi dengan Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan: (1) kemampuan memori siswa pada materi koloid. Pada prasiklus, ketercapaian kemampuan memori sebesar 12,5% dan meningkat menjadi 43,7% pada siklus I dan 78,1% pada siklus II, (2) prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 pada materi koloid di SMAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 40,6% dan meningkat menjadi 84,4% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif siswa sebesar 87,5% dan meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Ketercapaian aspek psikomotor sebesar 91%.

Keywords

Teams Games Tournament (TGT); Index Card Match (ICM); kemampuan memori; prestasi belajar; koloid

Full Text:

PDF

References

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Familia.

Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 1-19.

Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wyk, M.M.V. (2011). International Journal of School of Social Science, Language, Education and Early Child Development, 26(3), 183-193.

Gonzalez, A., Jennings, D & Manriquez, L. (2014). International Journal of Engineering Education, 30 (5), 1213-1224.

Pertiwi, Y.H., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 349-354.

Fajri, L., Martini, K.S., & Agung N.C.S. (2012). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1 (1), 89-96.

Slavin, R.E. (2008). Psikologi dan Pendidikan (Teori dan Praktik) (Edisi ke- 9, Jilid 2). Terj. Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media. (Buku asli diterbitkan 2009).

Nugraha, D.A., Susanti, E., & Masykuri, M. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (4), 174-181.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Arikunto, S., Suharjono dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.