Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Dikombinasikan dengan Drill and Practice untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) sikap ilmiah (2) hasil belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo dengan menerapkan model pembelajaran Learning Together (LT) dikombinasikan dengan drill and practice. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran LT dikombinasikan dengan drill and practice dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Tingkat ketercapaian kriteria sikap ilmiah sebesar 44,11% dan meningkat pada siklus I menjadi 67,65% dan siklus II sebesar 85,29%; (2) model pembelajaran LT dikombinasikan dengan drill and practice dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Tingkat ketercapaian hasil belajar siswa sebesar 50% pada siklus I dan menjadi 85,29% pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan dan kebudayaan. (2003). Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Fadlillah, M. (2014). ImplementasiKurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
Anitah, Sri. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kusumah, W & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bukunola, J & Idown, D. (2012). British Journal of Education. 2(3), 307-325.
Refbacks
- There are currently no refbacks.