Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018

Aldi Harum Soleh, Suryadi Budi Utomo, Sulistyo Saputro

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu meningkatkan: motivasi dan prestasi siswa dalam belajar pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran  2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dan dilakukan pada 2 siklus. Tahapan yang dilakukan pada tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, serta refleksi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPA 5 SMA N 3 Boyolali tahun ajaran 2017/2018, yang dipilih dari hasil wawancara dengan guru merupakan kelas yang mendapatkan hasil belajar rendah, dibuktikan dengan nilai rata-rata ujian tengah semester paling rendah daripada hasil kelas lain. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan model pembelajaran Quantum Learning mampu membuat motivasi belajar siswa meningkat pada materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018.  Penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2017/2018 dari 50% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II

Keywords

motivasi; Quantum Learning; prestasi belajar; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. (2002), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Uno, Hamzah B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di bidang pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Winkel, W.S. (1997). Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : PT. Gramedia

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Hamalik,Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Darkasyi, Muhammad. (2014). Jurnal Didaktik Matematika. 1(1). 57-64

DePorter, Hernacki.(2010). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Astutik, Wiji.(2017). Jurnal Riset dan Konseptual, 2(2) : 124-129

Yunianti, Dini Dwi. (2015). Jurnal GeoEco .1(1). 29-35

Purwaningrum, Jayanti Putri. (2016).International conference on mathematic, science, and education (ICMSE)

Rodiyana.(2018).Jurnal Cakarawala Pendas, 4(2): p-ISSN: 2442-7470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.