Identifikasi Miskonsepsi Asam-Basa dengan Two Tier Multiple Choice dilengkapi Interview

Ika Utami, Bakti Mulyani, Sri Yamtinah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi tingkat miskonsepsi siswa pada materi asam - basa di kelas XI MIPA SMA Batik 1 Surakarta; (2) mengetahui letak miskonsepsi siswa pada tiap sub materi pada materi asam - basa di kelas XI MIPA SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Batik 1 Surakarta dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Untuk tes, digunakan tes diagnosis miskonsepsi Two Tier Multiple Choice sedangkan non tes digunakan analisis RPP asam – basa milik guru dan wawancara mendalam terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa: (1) terdapat 9.73% siswa mengalami miskonsepsi dengan pola jawaban salah - benar (kode 1) dan 25.07% siswa dengan pola jawaban benar - salah (kode 2); (2) miskonsepsi yang paling banyak ditemukan pada pola jawaban salah - benar adalah pada sub materi derajat keasaman pH di mana siswa beranggapan tetapan ionisasi asam dan derajat ionisasi asam adalah hal yang sama dikarenakan terdapat kata ionisasi pada keduanya. Miskonsepsi paling banyak pada pola jawaban benar - salah yaitu pada sub materi kekuatan asam basa di mana siswa cenderung untuk untuk menggunakan nilai pH dalam menentukan kekuatan asam dibandingkan dengan kemampuannya untuk terionisasi.

Keywords

miskonsepsi; asam-basa; two tier multiple choice; wawancara mendalam

Full Text:

PDF

References

S. Hasan, D. Bagayoko, and E. L. Kelley, “Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI),” Phys. Educ., vol. 34, no. 5, pp. 294–299, Sep. 1999.

M. B. Nakhleh, “Why Some Students Don’t Learn Chemistry Chemical Misconceptions,” J. Chem. Educ., vol. 69, no. 3, pp. 191–196, 1992.

E. Erman, “Factors Contributing to Students’ Misconceptions in Learning Covalent Bonds,” J. Res. Sci. Teach., pp. 1–18, 2016.

H. Tümay, “Reconsidering Learning Difficulties and Misconceptions in Chemistry: Emergence in Chemistry and its Implications for Chemical Education,” Chem. Educ. Res. Pr., pp. 1–15, 2016.

S. Lu and H. Bi, “Development of a measurement instrument to assess students’ electrolyte conceptual understanding,” Chem. Educ. Res. Pract., no. 1, 2016.

H. Pan and L. Henriques, “Students ’ Alternate Conceptions on Acids and Bases,” Sch. Sci. Math., vol. 115, no. 5, pp. 237–243, 2011.

M. B. Nakhleh and J. S. Krajcik, “Influence of Levels of Information as Presented by Different Technologies on Students’ Understanding of Acid, Base, and pH Concepts,” J. Res. Sci. Teach., vol. 31, no. 10, pp. 1077–1096, 1994.

Z. Muchtar and Harizal, “Analyzing of Students ’ Misconceptions on Acid-Base Chemistry at Senior High Schools in Medan,” J. Educ. Pract., vol. 3, no. 15, pp. 65–74, 2012.

D. Septiana, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Menggunakan Two-tier Multiple Coice,” EDUSAINS, vol. VI, no. 02, pp. 191–200, 2014.

U. Kanli, “Using a Two- tier Test to Analyse Students ’ and Teachers ’ Alternative Concepts in Astronomy,” Sci. Educ. Int., vol. 26, no. 2, pp. 148–165, 2015.

B. K. Bayrak, “Using Two-Tier Test to Identify Primary Students ’ Conceptual Understanding and Alternative Conceptions in Acid Base,” Mevlana Int. J. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 19–26, 2013.

H. D. Barke, A. Hazari, and S. Yitbarek, Misconceptions in Chemistry. Verlag Berlin Heidelberg: Springer, 2009.

P. Indrayani, “Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik,” J. Pendidik. Sains, vol. 1, no. 2, pp. 208–216, 2013.

K. H. Sugiyarto, Kimia Anorganik 1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2000.

A. H. Watoni, D. Kurniawati, and M. Juniastri, Kimia untuk SMA/MA Kelas XI, vol. 1. Bandung: Yrama Widya, 2016.

U. Sudarmo, “Kimia untuk SMA/MA Kelas XI.” Erlangga, Jakartai, pp. xii–368, 2017.

J. E. Brady, Kimia Universitas, Asas dan Struktur, (A.H.Pudjaatmaka and S. Achmadi, Trans.) vol. 1. Jakarta: Erlangga, 1994.

I. Nurpialawati, “Analisis Miskonsepsi Materi Asam-Basa Siswa dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Two - Tier di Wilayah Kota Tangerang Selatan,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2017.

R. Artdej, T. Ratanaroutai, R. K. Coll, and T. Thongpanchang, “Thai Grade 11 Students’ Alternative Conceptions for Acid - Base Chemistry,” Res. Sci. Technol. Educ., vol. 28, no. 2, pp. 167–183, 2010.

M. Taqiyuddin, E. Sumiaty, and A. Jupri, “Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Topik Pertidaksamaan Linear Satu Variabel,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 64–81, 2017.

I. W. Widiadnyana, I. W. Sadia, and I. W. Suastra, “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP,” e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 4, no. 2, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.