Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Dita Indah Novitasari, Ashadi Ashadi, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model guided inquiry pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,  hasil tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 32 peserta didik dari XI MIPA 1 SMA N 5 Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, kajian dokumen, dan wawancara yang dianalisis secara deksriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dapat meningkatkan keterampilan generik sains dan presetasi belajar peserta didik. Hasil ketercapaian keterampilan generik sains pada pra siklus yaitu 25%, menjadi 50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Prestasi belajar aspek pengetahuan pada pra siklus yaitu 16%, siklus I sebesar 40,6% dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Aspek sikap mencapai target ketuntasan pada siklus I sebesar 90,625% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Aspek keterampilan telah mencapai target ketuntasan yaitu sebesar 100% pada siklus I.

Keywords

guided inquiry; keterampilan generik sains; prestasi belajar; kelarutan dan hasil kali kelarutan

Full Text:

PDF

References

Sanjaya, W., 2013, The standard methods of learning –oriented education process, Jakarta, Kencana Prenada Media

Wijaya, E.Y., Sudjimat,D.A., Nyoto,A., 2016, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol (1) Tahun 2016

Sutarno, 2011, Jurnal Exact, Vol. 9(1)60-66

Martiningsih, M., Situmorang, Hastuti, 2018, Jurnal Pendidikan Sains (JPS), Vol 06 No.01 hal 24-33

Khabibah, E.N., Masykuri, M., Maridi, 2017, Advances in Social Science Education and Humanities Research (ASSEHR) Journal, volume 158

Ratna, I.S., 2017, Pengembangan Instrumen Penilaian Teslet Untuk Mengukur Keterampilan Generik Sains. Thesis Tidak dipublikasikan, Surakarta, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Harahap, S., Sani, R.A., Simanjutak, 2017, IOSR Journal of Research & Method in Education. e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN, 2320–737X Volume 7, Issue 4 Ver. I, PP 60-64

Kurniasari, E.S., Agustina, W., Utomo, S.B., 2016, Jurnal Pendidikan Kimia Vol.5 No.4 Tahun 2016 hal 98-106

Fajariyah, N., Utami, B., Haryono, 2016,Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, hal 89-87.

Yuniarita ,F., 2014, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol19(1), hal111-116

Arikunto,S., 2015, Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Liliasari, 2007, Scientific concepts and generic science skills relationship in the 21st century science education. The First International Seminar on Science Education in Bandung

Yewang et al., 2016, The Effect of Guided Inquiry Learning Method VS Free Inquiry Against Learning Outcomes.International of Conference On Education

Febriyanti, D., Ilyas ,S., Nurmaliah, C., 2014, Jurnal Biologi Edukasi Edisi 13, Vol 6 No2, hal 43-47

Iksan et al., 2012, Procedia- Social and Behavioral Sciences Journal, Vol 59, pages 71 – 76

Khabibah, E. N., Jalmo,T., Suyatna,A., 2018, International Journal of Research, Vol.6, ISSN- 2350-0530(O), ISSN- 2394-3629(P)

Permedikbud (2014) Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Puspitasari, J.R., Ashadi, Saputro, A., 2018, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.7 No.2 hal 208-216

Ural, E., 2016, Journal of Education and Training Studies, Vol. 4, No. 4

Jack,G.U., 2013, Journal of Education and Practice, Vol 4-No.5, ISSN-2222-288X(O)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.