Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan LKS pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Fauzi Derita Saputri, Sri Yamtinah, Endang Susilowati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan LKS pada materi asam basa, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan LKS pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari 69,12% pada siklus I menjadi 77,84% pada siklus II. 2) Terdapat peningkatan prestasi belajar dilihat dari persentase aspek pengetahuan pada siklus I dari 34,48% menjadi 75,86% pada siklus II. Ketuntasan prestasi belajar aspek sikap dari 75,86% pada siklus I meningkat menjadi 95,56% pada siklus II, dan ketuntasan prestasi belajar aspek keterampilan dari 81,83% pada siklus I menjadi 87,52% pada siklus II.

Keywords

penelitian tindakan kelas; Project Based Learning; aktivitas belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Addiin,I., Redjeki,T., Ariani, S.R.D., 2014, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3, 7-16.

Waras, K., 2008, Project Based Learning Pendekatan Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Baran & Maskan, 2010, Cypriot Journal of Education Science, 5, 243-257.

Hasanah, I., 2017, Pengembangan Modul Suhu Dan Kalor Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA/MA. Thesis. FKIP UNS.

Kunandar, 2011, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Septiyani, P.Y., 2015, Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMA N 14 Semarang. Skripsi. Kimia Universitas Negeri Semarang.

Fitria, S., 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Termokimia di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi. Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.