Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Stem (PjBL-STEM) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Asam dan Basa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Novi Sylvia Windasari, Sri Yamtinah, Elfi Susanti VH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan menjelaskan pengaruh penggunaan model Project Based Learning terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa KELAS XI MIPA di SMAN 3 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 pada materi Asam dan Basa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy eksperiment dengan two group post test only design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Data dikumpulkan melalui pemberian tes two-tier multiple choice. Data dianalisis dengan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lebih baik model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi daripada model PjBL yang ditunjukkan dengan hasil uji-t pihak kanan yang diperoleh harga  t hitung = 3,428 dan harga t tabel = 2.000. Jadi, t hitung> t tabel. Keputusan uji adalah H0 ditolak dan diperoleh kesimpulan penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM berpengaruh lebih baik dari model PjBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal ini didukung dengan rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas PjBL-STEM sebesar 70,09 dan kelas PjBL hanya sebesar 60,09.

Keywords

Project Based Learning; STEM; kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References

P21. (2008). 21st Century Skills, Education & Competitiveness. Washington DC: Partnership for 21st Century Skills.

Muchlis, Ahmad. (2017). Pengembangan Pembelajaran Dengan Sistem Kredit Semester di Mts Negeri Sumber Bungur Pamekasan. Nuansa, (14) (1).

Hasan, Hamid dkk. (1991). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Rahayu, H., Joko P., Daimul H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Compton : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. (4) (1).

Jauhariyyah, Farah R., Hadi S., Ibrohim. (2017). STEM-PjBL. Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM (2).

Capraro Robert M., Mary M.C., and James R. M. (2013). STEM Project-Based Learning An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd Edition). Rotterdam: Sense Publishers.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Cullinane, Alison, and Liston, Maeve. (2011). Two-tier Multiple Choice Question: An Alternative Method of Formatif Assessment for First Year Undergraduate Biology Students. Limerick: NCE-MSTL.

Furi, L. M. I., Sri H., Shinta M. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran PjBL dan PjBL Terintegrasi STEM atau (PjBL-STEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan (35)(1).

Ferdiansyah, Ichsanul. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan STS, SETS, dan STEM pada Pembelajaran Konsep Virus. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Ismayani Ani. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education.

Afriana, Jaka, Anna P., Anni F. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2) 202 – 212.

Mutakinati, I., I. Anwari, K. Yoshisuke. (2018). Analysis Of Students’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 7 (1) 54-65.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.