Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaraan Problem Solving Disertai LKS pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X M-IPA 3 Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018

Didik Kurnianto, Elfi Susanti VH, Mohammad Masykuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat pada materi stoikiometri dengan menerapkan model pembelajaran problem solving dilengkapi Lembar Kerja Sisiwa (LKS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X M-IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar (aspek pengetahuan, sikap, keterampilan) dan kemampuan berpikir kritis siswa.Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) presentase ketuntasan aspek pengetahuan tindakan siklus I adalah 36,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,00%. Pencapaian ketuntasan aspek sikap adalah 100% dan pencapaian pada aspek keterampilan sebesar 100%. (2) Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan tindakan siklus I presentase ketuntasan siswa  sebesar 67,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,00%.

Keywords

Problem solving; Lembar Kerja Siswa (LKS); kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Aldous, C. R. (2005). International Education Journal, 5(5), 43–56.

Boss, J. A. (2012). Think. New York: McGraw-Hill.

Carolin, Y., Saputro, S., & Catur, N. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4), 46–53.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Pelajaran. jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ernawati, D., Ashadi, & Utami, B. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4), 17-26.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Proceeding Seminar nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 597–602.

Gürses, A., Açıkyıldız, M., Ar, Ç. D., & Mustafa, S. (2007). Research in Science & Technological Education, 25, 99–113.

Mandina, S., & Ochonogor, C. E. (2017). African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 13, 33–39.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). The Delta Pi Epsilon Journal, 90–100.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.